12 Jan 2015

TEORI BELAJAR DAVID AUSUBEL




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang

Banyak orang yang masih menganggap bahwa matematika itu kurang menyenangkan dan susah untuk di pelajari, namun jika kita berusaha dan memikirkan bahwa matematika itu menyenangkan, pasti kita bisa mempelajari matematika itu. Bukankah di dunia ini atau persisnya di dalam kehidupan kita ini semuanya menggunakan matematika ?
 Untuk menumbuhkan rasa menyenangkan ketika kita belajar matematika, yaitu  gunakan imajinasimu bahwa matematika itu menyenangkan, berikan rasa percaya diri di dalam kepalamu bahwa matematika itu gampang, dan kalau perlu ketika kita mengerjakan soal matematika kita harus berimajinasi seperti pemandu sorak yang tidak sabar menunggu hasil pertandingan yang berakhir dengan kemenangan.(bersoraknya dalam hati)
Nah! Untuk itu perlu adanya cara yang menyenangkan agar pemahaman kita berkembang, salah satunya ialah belajar bermakna seperti yang Ausubel jelaskan dalam teori belajar verbal bermakna ,  Ausubel terkait ini untuk penjelasan tentang bagaimana orang memperoleh pengetahuan. Untuk mengetahui lebih lanjut kami akan menyajikannya dalam rumusan masalah dan menjelaskannnya dalam pembahasan berikut.



B.     Rumusan masalah

1.      Siapa David Ausubel, Gelar M.D. (1918 - 2008) ?
2.      Bagaimana Teori  Belajar  Bermakna  Dari  David P Ausubel ?
3.      Bagaimana Cara Pembelajaran Bermakna Dengan Menggunakan Peta Konsep ?
4.      Bagaimana Belajar Menurut Ausubel ?
5.      Apa Yang Dimaksud Dengan Kompilasi Teori Belajar ?

C.    Tujuan

1.      Mengetahui Siapa David Ausubel, Gelar M.D. (1918 - 2008)!
2.      Mengetahui Teori  Belajar  Bermakna  Dari  David P Ausubel !
3.      Mengetahui Cara Pembelajaran Bermakna Dengan Menggunakan Peta Konsep!
4.    Mengetahui Belajar Menurut Ausubel !
5.    Mengetahui Kompilasi Teori Belajar !





 


                                   BAB II

                            PEMBAHASAN

David Ausubel, gelar M.D. (1918 - 2008)
Belajar Verbal Bermakna

A.    Biografi

Ausubel lahir pada tanggal 25 Oktober 1918 dan dibesarkan di Brooklyn, New York. Ia belajar di Universitas Pennsylvania di mana ia lulus dengan pujian pada tahun 1939, menerima sarjana jurusan Psikologi. Ausubel kemudian lulus dari sekolah kedokteran pada tahun 1943 di Middlesex University di mana ia melanjutkan untuk menyelesaikan magang berputar di Rumah Sakit Gouveneur, yang terletak di sisi timur lebih rendah dari Manhattan, New York Setelah dinas militer dengan US Public Health Service,. Ausubel meraih MA dan Ph.D. dalam Psikologi Perkembangan dari Columbia University pada tahun 1950.
Dia terus mengadakan serangkaian profesor di beberapa sekolah pendidikan.
Pada tahun 1973, Ausubel pensiun dari kehidupan akademik dan mengabdikan dirinya untuk praktek psikiatri nya. Selama praktek psikiatri nya, Ausubel menerbitkan banyak buku serta artikel dalam jurnal psikiatri dan psikologi. Pada tahun 1976, ia menerima Thorndike Award dari American Psychological Association untuk "Distinguished Kontribusi Psikologis Pendidikan".
 Pada usia 75 pada tahun 1994, Ausubel pensiun dari kehidupan profesional untuk mengabdikan dirinya penuh waktu untuk menulis, yang empat buku yang dihasilkan. Dia menulis empat buku. Ausubel meninggal pada tanggal 9 Juli 2008. Ausubel dan istrinya Pearl memiliki dua anak, Fred dan Laura Ausubel.
Ausubel dipengaruhi oleh ajaran Jean Piaget.  Mirip dengan ide-ide Piaget skema konseptual,  Ausubel terkait ini untuk penjelasan tentang bagaimana orang memperoleh pengetahuan. "David Ausubel berteori bahwa orang memperoleh  pengetahuan terutama oleh yang terkena langsung ke sana daripada melalui penemuan" (Woolfolk et al., 2010, hal. 288.

B.     Teori Belajar Bermakna dari David P Ausubel

Teori pembelajaran Ausubel merupakan salah satu dari sekian banyaknya teori pembelajaran yang menjadi dasar dalam mild learning. David Ausubel adalah seorang ahli psikologi pendidikan. Menurut Ausubel bahan subjek yang dipelajari siswa mestilah “bermakna” (meaningfull). Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses mengaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Struktur kognitif ialah fakta-fakta, konsep-konsep, dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat siswa.
Pembelajaran bermakna adalah suatu proses pembelajaran di mana informasi baru dihubungkan dengan struktur pengertian yang sudah dimiliki seseorang yang sedang melalui pembelajaran.
Pembelajaran bermakna terjadi apabila siswa boleh menghubungkan fenomena baru ke dalam struktur pengetahuan mereka. Artinya, bahan subjek itu mesti sesuai dengan keterampilan siswa dan mesti relevan dengan struktur kognitif yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, subjek mesti dikaitkan dengan konsep-konsep yang sudah dimiliki para siswa, sehingga konsep-konsep baru tersebut benar-benar terserap olehnya. Dengan demikian, faktor intelektual-emosional siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran.
Faktor-faktor utama yang mempengaruhi belajar bermakna menurut Ausubel adalah struktur kognitif yang ada, stabilitas, dan kejelasan pengetahuan dalam suatu bidang studi tertentu dan pada waktu tertentu. Sifat-sifat struktur kognitif menentukan validitas dan kejelasan arti-arti yang timbul waktu informasi baru masuk ke dalam struktur kognitif itu; demikian pula sifat proses interaksi yang terjadi. Jika struktur kognitif itu stabil, dan diatur dengan baik, maka arti-arti yang sahih dan jelas atau tidak meragukan akan timbul dan cenderung bertahan. Tetapi sebaliknya jika struktur kognitif itu tidak stabil, meragukan, dan tidak teratur, maka struktur kognitif itu cenderung menghambat belajar.
Menurut Ausubel, seseorang belajar dengan mengasosiasikan fenomena baru ke dalam sekema yang telah ia punya. Dalam proses itu seseorang dapat memperkembangkan  skema yang ada atau dapat mengubahnya.  Dalam proses belajar ini siswa mengonstruksi apa yang ia pelajari sendiri.
Teori Belajar bermakna Ausuble ini sangat dekat dengan Konstruktivesme. Keduanya menekankan pentingnya pelajar mengasosiasikan pengalaman, fenomena, dan fakta-fakta baru kedalam sistem pengertian yang telah dipunyai. Keduanya menekankan pentingnya asimilasi pengalaman baru k4yedalam konsep atau pengertian yang sudah dipunyai siswa. Keduanya mengandaikan bahwa dalam proses belajar itu siswa aktif.
Ausubel berpendapat bahwa guru harus dapat mengembangkan potensi kognitif siswa melalui proses belajar yang bermakna. Sama seperti Bruner dan Gagne, Ausubel beranggapan bahwa aktivitas belajar siswa, terutama mereka yang berada di tingkat pendidikan dasar- akan bermanfaat kalau mereka banyak dilibatkan dalam kegiatan langsung. Namun untuk siswa pada tingkat pendidikan lebih tinggi, maka kegiatan langsung akan menyita banyak waktu. Untuk mereka, menurut Ausubel, lebih efektif kalau guru menggunakan penjelasan, peta konsep, demonstrasi, diagram, dan ilustrasi.
Inti dari teori belajar bermakna Ausubel adalah proses belajar akan mendatangkan hasil atau bermakna kalau guru dalam menyajikan materi pelajaran yang baru dapat menghubungkannya dengan konsep yang relevan yang sudah ada dalam struktur kognisi siswa.
Langkah-langkah yang biasanya dilakukan guru untuk menerapkan belajar bermakna Ausubel adalah sebagai berikut: Advance organizer, Progressive differensial, unifying reconciliation, dan consolidation.

C.    Belajar menurut Ausubel ada 4 , yaitu:

1.      Belajar dengan penemuan yang bermakna yaitu mengaitkan pengetahuan yang telah dimilikinya dengan materi pelajaran yang dipelajari itu. Atau sebaliknya, siswa terlebih dahulu menmukan pengetahuannya dari apa yang ia pelajari kemudian pengetahuan baru tersebut ia kaitkan dengan pengetahuan yang sudah ada.
2.      Belajar dengan penemuan yang tidak bermakna yaitu pelajaran yang dipelajari ditemukan sendiri oleh siswa tanpa mengaitkan pengetahuan yang telah dimilikinya, kemudian dia hafalkan.
3.      Belajar menerima (ekspositori) yang bermakna yaitu materi pelajaran yang telah tersusun secara logis disampaikan kepada siswa sampai bentuk akhir, kemudian pengetahuan yang baru ia peroleh itu dikaitkan dengan pengetahuan lain yang telah dimiliki.
4.      Belajar menerima (ekspositori) yang tidak bermakna yaitu materi pelajaran yang telah tersusun secara logis disampaikan kepada siswa sampai bentuk akhir , kemudian pengetahuan yang baru ia peroleh itu dihafalkan tanpa mengaitkannya dengan pengetahuan lain yang telah ia miliki.

D.    Kompilasi Teori Belajar

Belajar melalui instropeksi otak manusia terdiri atas bagian-bagian yang memiliki tugas berbeda (Berpikir, meraba, fantasi, perasaan, kehendak) jiwa manusia terdiri dari unsur-unsur tertentu dan unsur-unsur tersebut disebut dengan daya-daya jiwa. Orang akan dapat belajar jika mentalnya dilatih dengan keras terutama daya nalarnya dan selanjutnya belajar identik dengan mengasah otak.
Anak pada waktu dilahirkan adalah baik, jika anak itu menjadi rusak itu karena pengaruh dari lingkungan disekitar anak tersebut. Karena pada masa itu dignified manusia pada turun yang terpuruk.
Belajar : Biarlah anak tumbuh kembang secara alamiah, jangan diapa- apakan, leisure to learn : biarlah anak belajar dengan bebas karena orang dapat mengaktualisasi dirinya jika orang tersebut tidak diganggu.
Otak manusia seperti wadah yang siap mengkopi (Diisi) dengan apa saja dan pengetahuan yang telah masuk tersebut disebut Apersepsi Teori tabularasa / Empirisme oleh Jhon Lock “ Anak bagaikan kertas kosong yang siap ditulis oleh pendidik dan lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap anak itu nantinya”.
Subsumption Teori (David Ausubel)

            Teori Ausubel adalah berkaitan dengan bagaimana individu belajar sejumlah besar bahan yang berarti dari presentasi lisan / tekstual dalam lingkungan sekolah (berbeda dengan teori-teori yang dikembangkan dalam konteks percobaan laboratorium). Menurut Ausubel, pembelajaran didasarkan pada jenis proses atasan, representasional, dan kombinatorial yang terjadi selama penerimaan informasi. Sebuah proses utama dalam belajar adalah subsumption di mana materi baru terkait dengan ide-ide yang relevan dalam struktur kognitif yang ada pada substantif, secara non-verbatim. Struktur kognitif merupakan residu dari semua pengalaman belajar; melupakan terjadi karena rincian tertentu mendapatkan terpadu dan kehilangan identitas masing-masing.
Mekanisme instruksional utama yang diusulkan oleh Ausubel adalah penggunaan penyelenggara muka:

"Penyelenggara ini diperkenalkan sebelum belajar itu sendiri, dan juga dipresentasikan pada tingkat yang lebih tinggi dari abstraksi, umum, dan inklusivitas, dan karena isi substantif dari penyelenggara atau serangkaian penyelenggara diberikan dipilih berdasarkan kesesuaian untuk menjelaskan , mengintegrasikan, dan interrelating materi yang mereka mendahului, strategi ini secara bersamaan memenuhi substantif serta kriteria pemrograman untuk meningkatkan kekuatan organisasi struktur kognitif. "(1963, hal.81).
            Ausubel menekankan bahwa penyelenggara muka berbeda dari ikhtisar dan ringkasan yang hanya menekankan ide-ide kunci dan disajikan pada tingkat yang sama abstraksi dan umum sebagai sisa material. Penyelenggara bertindak sebagai jembatan antara subsuming materi pembelajaran baru dan ide-ide terkait yang ada.

Belajar Verbal Bermakna

Makna diciptakan melalui beberapa bentuk kesetaraan representasi antara bahasa (simbol) dan konteks mental. Dua proses yang terlibat:
1. Penerimaan, yang digunakan dalam belajar verbal bermakna, dan
2.
 Discovery, yang terlibat dalam pembentukan konsep dan pemecahan masalah.
            Karya Ausubel ini telah sering dibandingkan dengan Bruner. Kedua diadakan pandangan yang sama tentang sifat hirarkis pengetahuan, tetapi Bruner itu sangat berorientasi pada proses penemuan, di mana Ausubel memberi penekanan lebih terhadap metode pembelajaran lisan berbicara, membaca dan menulis.

Teori subsumption

Untuk menggolongkan adalah untuk menggabungkan materi baru ke dalam struktur kognitif seseorang. Dari perspektif Ausubel, ini adalah makna pembelajaran. Bila informasi yang dimasukkan ke dalam struktur kognitif peserta didik itu diorganisasikan secara hirarki. Materi baru dapat dimasukkan dalam dua cara yang berbeda, dan untuk kedua hal ini, tidak ada pembelajaran bermakna terjadi kecuali struktur kognitif yang stabil ada. Struktur yang ada ini memberikan kerangka di mana pembelajaran baru terkait, secara hirarki, dengan informasi sebelumnya atau konsep dalam struktur kognitif individu.

Ketika seseorang menemukan bahan asing yang sama sekali baru, maka belajar menghafal, sebagai lawan pembelajaran bermakna, berlangsung. Hafalan ini pada akhirnya dapat berkontribusi pada pembangunan struktur kognitif baru yang nantinya dapat digunakan dalam pembelajaran bermakna. Kedua jenis subsumption adalah:

1. korelatif subsumption - materi baru merupakan perpanjangan atau elaborasi dari apa
        
yang sudah diketahui.
2. subsumption derivatif - materi baru atau hubungan dapat diturunkan dari struktur yang
  
ada.
Informasi dapat dipindahkan dalam hirarki, atau terkait dengan konsep atau informasi untuk membuat interpretasi baru atau makna lain. Dari jenis subsumption, benar-benar konsep baru dapat muncul, dan konsep sebelumnya dapat diubah atau diperluas untuk mencakup lebih dari informasi yang sebelumnya ada. Ini adalah "mencari tahu".
Ausubel adalah pendukung dari didaktik, metode pengajaran ekspositori. Dari perspektif ini, yg menerangkan pendekatan (verbal) pembelajaran mendorong pembelajaran yang cepat dan retensi, sedangkan penemuan belajar (Bruner) memfasilitasi transfer ke konteks lain.

LanjutPenyelenggara

            Ausubel menyumbang banyak bagi tubuh teoritis teori belajar kognitif, tetapi tidak sebanyak dengan aspek kelas praktis Bruner dan lain-lain. Kontribusi yang paling penting Ausubel untuk aplikasi kelas adalah penyelenggara muka.

            Kemajuan organizer adalah alat atau bantuan belajar mental untuk membantu siswa `mengintegrasikan informasi baru dengan pengetahuan yang ada, yang mengarah ke" pembelajaran bermakna "sebagai lawan menghafal. Ini adalah sarana mempersiapkan struktur kognitif peserta didik untuk pengalaman belajar akan terjadi. Ini adalah perangkat untuk mengaktifkan skema yang relevan atau pola konseptual sehingga informasi baru dapat lebih mudah `dimasukkan 'ke dalam struktur kognitif peserta didik yangada.
            Ausubel percaya bahwa itu adalah penting bagi guru untuk memberikan preview dari informasi yang harus dipelajari. Guru bisa melakukan ini dengan menyediakan pengenalan singkat tentang cara informasi yang akan disajikan adalah terstruktur. Hal ini akan memungkinkan siswa untuk memulai dengan "Big Picture" dari isi yang akan datang, dan menghubungkan ide-ide baru, konsep, kosa kata, untuk peta mental yang ada areakonten.

E.     Cara Pembelajaran Bermakna dengan Menggunakan Peta Konsep :

1.      Pilih suatu bacaan dari buku pelajaran
2.      Tentukan konsep-konsep yang relevan
3.      Urutkan konsep-konsep dari yang pale inklusif ke yang pale tidak inklusif atau contoh-contoh.
4.      Susun konsep-konsep tersebut di atas kertas mulai dari konsep yang pale inklusif di puncak konsep ke konsep yang tidak inklusif di bawah.
5.      Hubungkan konsep-konsep ini dengan kata-kata penghubung sehingga menjadi sebuah peta konsep.
Dengan kata lain, Ausubel percaya bahwa pemahaman konsep, prinsip, dan ide-ide yang dicapai melalui penalaran deduktif. Demikian pula, ia percaya pada ide pembelajaran bermakna sebagai lawan menghafal. Dalam kata pengantar bukunya Psikologi Pendidikan: A Cognitive View, ia mengatakan bahwa "Jika dia harus mengurangi semua psikologi pendidikan hanya satu prinsip, [dia] akan mengatakan ini: Faktor yang paling penting yang mempengaruhi belajar adalah apa yang pelajar sudah tahu.  Memastikan hal ini dan mengajarinya sesuai "(Ausubel, 1968, hlm. Vi) Melalui keyakinannya pembelajaran bermakna, Ausubel mengembangkan teorinya tentang penyelenggara muka. penyelenggara muka Organizer muka adalah informasi yang disajikan oleh instruktur yang membantu siswa mengatur informasi masuk baru.
Hal ini dicapai dengan mengarahkan perhatian pada apa yang penting dalam material yang berasal, menyoroti hubungan, dan memberikan pengingat tentang pengetahuan yang relevan.  Penyelenggara muka membuatnya lebih mudah untuk belajar materi baru yang bersifat kompleks atau sulit, asalkan dua kondisi berikut ini terpenuhi:
1.      Mahasiswa harus memproses dan memahami informasi yang disajikan dalam penyelenggara-ini meningkatkan efektivitas penyelenggara itu sendiri.
2.      Penyelenggara harus menunjukkan hubungan antara konsep-konsep dasar dan istilah yang akan digunakan.







 



                                  BAB III

                               PENUTUP

A.    Kesimpulan

Ausubel lahir pada tanggal 25 Oktober 1918 dan dibesarkan di Brooklyn, New York. Pada usia 75 pada tahun 1994, Ausubel pensiun dari kehidupan profesional untuk mengabdikan dirinya penuh waktu untuk menulis, yang empat buku yang dihasilkan. Dia menulis empat buku. Ausubel meninggal pada tanggal 9 Juli 2008. Ausubel dan istrinya Pearl memiliki dua anak, Fred dan Laura Ausubel.
Pembelajaran bermakna adalah suatu proses pembelajaran di mana informasi baru dihubungkan dengan struktur pengertian yang sudah dimiliki seseorang yang sedang melalui pembelajaran.
Belajar menurut Ausubel ada 4 yaitu : Belajar dengan penemuan yang bermakna , Belajar dengan penemuan yang tidak bermakna , Belajar menerima (ekspositori) yang bermakna,Belajar menerima (ekspositori) yang tidak bermakna
Belajar : Biarlah anak tumbuh kembang secara alamiah, jangan diapa- apakan, leisure to learn : biarlah anak belajar dengan bebas karena orang dapat mengaktualisasi dirinya jika orang tersebut tidak diganggu.
Otak manusia seperti wadah yang siap mengkopi (Diisi) dengan apa saja dan pengetahuan yang telah masuk tersebut disebut Apersepsi Teori tabularasa / Empirisme oleh Jhon Lock “ Anak bagaikan kertas kosong yang siap ditulis oleh pendidik dan lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap anak itu nantinya”.

B.     Saran



DAFTAR  PUSTAKA




Aisyah, Nyimas dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

NN. 1999. Desain Instruksional Teori Gagne diakses dari http://inst.usu.edu/mimi/courses/6260/gagne.html&anno= 2 tanggal 27 Februari 2010

NN. 2009. Teori Belajar Bermakna Ausebel diakses dari http://id.shvoong.com/exact-sciences/1959737-teori-belajar-ausubel=  tanggal 27 Februari 2010

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

2 comments:

Princes Mirror said...

wahh keren... benar benar bermanfaat postingannya... kenal Arfi atau Eriani anak mati-matika angkatan 2013? mauka minta tanda tanganta;D

Asbar salim said...

hahahaaaa,,,, iya satu kls sy :D

Translate