MAKALAH
JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN
(UMUM, SEKOLAH, PERGURUAN
TINGGI, dan KHUSUS)
Oleh :
HARUM ZAKIAH LUBIS
NIM : 102201033
D-III PERPUSTAKAAN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2010/2011
KATA PENGANTAR
Puji
syukur bagi ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada
penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan Salam kepada
Junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari kegelapan kealam
yang penuh dengan ilmu pengetahuan dengan ridho ALLAH SWT.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, banyak terdapat
kekurangan baik dari segi tata bahasa maupun dari penulisannya. Namun tanpa
bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak, semua ini tidak akan
terwujud. Segala saran dan kritik yang sifat membangun akan sangat dihargai.
Secara
khusus penulis ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada ibunda tercinta
penulis yang menjadi sumber motivasi serta kekuatan dan curahan kasih sayang serta do’a yang
diberikan kepada penulis dalam membina dan mendidik penulis sampai sekarang
ini.
Akhirnya
semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Medan, 14
Oktober 2010
Penulis
(
Harum Zakiah Lubis )
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang dan Masalah
Perkembangan suatu perpustakaan dapat dilihat dari
kegiatan pelayanannya. Karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan akhir
yang ingin dicapai oleh suatu perpustakaan. Pelayanan pengguna adalah salah
satu tugas penting dalam penyelenggaraan suatu perpustakaan, dimana pelayanan
tersebut adalah suatu unit kegiatan yang mempunyai tugas pokok memberikan
pelayanan, informasi, dan pengarahan hingga pengguna dapat menelusuri dan
mempelajari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.
Untuk melakukan tugas layanan dengan baik, pihak
perpustakaan perlu mempelajari, memahami dan mengerti akan kebutuhan
penggunanya. Dimana dalam memberikan pelayanannya perpustakaan harus
mengutamakan kepentingan pengguna perpustakaan sehingga fungsi perpustakaan
benar-benar terlaksana.
Dari sebuah makalah ini yang akan membahas tentang
jenis-jenis perpustakaan. Dan akan diketahui banyak perbedaan dari jenis-jenis
perpustaknaan umum, perpustakan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan
perpustakaan khusus.
Oleh sebab itu berdasarkan uraian diatas untuk
mengetahui lebih jelas bagaimana pelayanan pengguna pada jenis-jenis
perpustakaan. Penulis merasa tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang
pelayanan pengguna pada jenis-jenis perpustakaan dengan memilih judul “Jenis-jenis Perpustakaan Umum, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Khusus”. Sesuai
dengan judul penulisan kertas karya ini
maka masalah yang akan dibahas adalah bagaimana perbedaan pelayanan pengguna
pada Jenis-jenis Perpustakaan Umum, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Khusus.
1.2.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan kertas karya ini adalah :
1. Untuk
mengetahui dengan jelas letak lokasi perpustakaan, pengguna perpustakaan,
koleksi perpustakaan, dan pelayanan perpustakaan yang ada dalam jenis-jenis
perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan
perpustakaan khusus.
2. Untuk
mengetahui sejauh mana kegiatan pelayanan
pengguna yang telah dilakukan oleh perpustakaan dalam jenis-jenis perpustakaan
diatas dalam memenuhi kebutuhan informasi.
1.3.
Ruang Lingkup
Ruang Lingkup perpustakaan kertas karya ini adalah
kegiatan pelayanan pengguna pada perpustakaan umum, perpustakaan sekolah,
perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus yaitu pelayanan
sirkulasi dan pelayanan referensi. Pelayanan sirkulasi disini meliputi
pelayanan keanggotaan, peminjaman, pengembalian, perpanjangan, penagihan, denda/sanksi,
statistik. Pada pelayanan referensi yang akan dibahas yaitu tentang koleksi
buku yang ada dalam perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan
perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus.
1.4.
Metode Pengumpulan Data
Metode yang dilakukan oleh penulis
dalam penyusunan kertas karya ini adalah :
1. Studi Kepustakaan
(Library Research) yaitu penelitian terhadap bahan-bahan yang ada berupa buku,
artikel, majalah dan yang lainnya yang ada hubungannya dengan masalah yang akan
dibahas.
2. Studi Lapangan (Field
Research) yaitu dengan mengadakan pengamatan langsung pada Perpustakan Umum
Kota Medan, Perpustakaan Sekolah Eria, Perpustakaan Universitas Negeri Medan
(UNIMED), dan Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan.
BAB II
PERPUSTAKAAN UMUM
2.1. Pengertian Perpustakaan Umum
Perpustakaan
umum merupakan sebuah perpustakaan atau sistem perpustakaan yang menyediakan
akses yang tidak terbatas kepada sumberdaya perpustakaan dan layanan gratis
kepada warga masyarakat di daerah atau
wilayah tertentu , yang didukung penuh atau sebahagian dari dana masyarakat
(pajak). Menyimak definisi diatas, Perpustakaan Umum memiliki tugas yang sangat
luas dalam hal penyediaan akses informasi kepada masyarakat.
Untuk
meggolongkan suatu perpustakaan termasuk ke dalam jenis perpustakaan umum,
setidak-tidaknya melihat empat unsur sebagai kriteria yaitu :
a). Koleksi
perpustakaan umum harus terbuka bagi semua warga untuk keperluan rujukan maupun
untuk peminjaman.
b). Seluruh
atau sebahagian besar anggaran perpustakaan umum diperoleh dari dana masyarakat
umum, baik dari tingkat lokal maupun nasional. Dana masyarakat umum yang
dimaksud adalah diperoleh dari pajak.
c). Jasa
pelayanan yang diberikan kepada semua warga adalah cuma-cuma atau gratis.
d). Koleksinya
mencakup semua jenis bahan perpustakaan bagi semua warga dan dalam suasana
subjek atau topik.
2.2.
Penilitian
Penelitian saya tentang perpustakaan umum tinjauan
saya yaitu “Perpustakaan Umum Kota Medan”. Kegiatan pelayanan ini termasuk
pelayanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan).
Pelayanan sirkulasi merupakan pelayanan yang
disediakan oleh perpustakaan kepada pengguna, untuk memanfaatkan koleksi buku
perpustakaan. Tugas pokok bagian sirkulasi ini adalah melayani pengguna yang
akan meminjam dan mengembalikan bahan pustaka.
2.2.1. Lokasi Perpustakaan
Lokasi
Perpustaakan Umum Kota Medan berada di Jalan Sultan Iskandar Muda No. 270 B
Tlpn. (061) 4527921Medan 20112.
2.2.2.
Pelayanan Perpustakaan
Adapun
kegiatan pelayanan sirkulasi yang dilaksanakan di Perpustakan Umum Kota Medan meliputi
:
- Keanggotaan
-
Peminjaman
-
Pengembalian
-
Perpanjangan
-
Pemberian sanksi
Pelayanan
- Open Akses
- Wi Fi
- Refrensi
2.2.3. Pengguna Perpustakaan
- Umum
- Untuk segala
usia
Untuk
pengguna ruang perpustakaan Jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
- Senin-Kamis :
07.30 - 16.00 WIB
- Jum’at : 07.30 - 15.30 WIB
- Sabtu : 07.30 - 13.00 WIB
2.2.4. Koleksi
Buku Perpustakaan
- Umum 000-900
- Refrensi
- Deposi
BAB III
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
3.1.
Pengertian Perpustakaan Sekolah
Dalam
pengertian yang sederhana Perpustakaan Sekolah adalah perpustakaan yang
dikelola serta terdapat di sekolah dengan tujuan membantu sekolah untuk
mencapai tujuannya. Perpustakaan sekolah terdapat pada jenjang pendidikan mulai
dari Taman kanak-kanak hingga ke Sekolah Menengah Tingkat Atas.
Koleksi
perpustakaan sekolah bukanlah semata-mata buku ajar, melainkan buku penunjang
pelajaran serta fiksi. Koleksi suatu perpustakaan sekolah biasanya berupa buku,
terbitan berkala, dan media pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan
yang dilayaninya.
Perpustakaan sekolah juga melayani keperluan bacaan
guru, murid, dan staf. Hal yang menarik dalam lingkungan perpustakaan sekolah
ini adalah pengelolaannya yaitu seorang pustakawan
sekolah, yang sering disebut pustakawan
guru.
3.2.
Penelitian
Penelitian saya tentang Perpustakan Sekolah, tinjauan
saya yaitu “Yayasan Pendidikan Ani Idrus Perguruan Eria”. Didalam sebuah
Yayasan ini, mempunyai sebuah perpustakaan sekolah yang berada di depan sekolah. Perpustakaan tersebut bernama “
Perpustakaan Sekolah Eria “.
3.2.1.
Lokasi Perpustakaan
Lokasi
Perpustakaan Sekolah Eria berada di Jalan Sisingamangaraja No. 195 Telp. (061)
7874630 Medan 20217 Sumatera Utara.
3.2.2. Pengguna Perpustakaan
Pengguna
Perpustakaan Sekolah Eria yaitu :
- Siswa-siswi
(SD, SMP, SMA, dan SMK)
- Guru
3.2.3. Koleksi Buku
Perpustakaan
Koleksi
Buku Perpustakaan Sekolah Eria yaitu :
- 1200 judul
buku
- Koleksi
Referensi
- Koleksi
Majalah
- Koleksi
Kliping
- Koleksi
Buku-buku Pelajaran
3.2.4.
Pelayanan Perpustakaan
Pelayanan
Perpustakaan Sekolah Eria meliputi :
- Sistem
pelayanan sirkulasi pengguna (peminjaman, pengembalian, perpanjangan).
- Dan menggunakan layanan manual.
Untuk
pengguna ruang perpustakaan jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
-
Senin – Sabtu : 09 – 17.00 WIB
Adapun Visi dan Misi sebuah Perpustakaan Sekolah Eria
ini yaitu mencerdaskan anak bangsa agar siswa-siswi gemar membaca buku di
perpustakaan sekolah dan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan yang
bermanfaat.
BAB IV
PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
4.1.
Perngertian Perpustakaan Perguruan Tinggi
Secara
sederhana perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang dikelola oleh
perguruan tinggi dengan tujuan membantu tercapainya tujuan perguruan tinggi.
Bentuk perpustakaan perguruan tinggi adalah universitas, institut, sekolah
tinggi, akademi, politeknik, dan sebagainya. Seperti: Fakultas, Departemen,
Jurusan, Program Studi, Lembaga Penelitian, dan lain sebagainya.
Keberadaan
berbagai perpustakaan pada sebuah perguruan tinggi dapat menjadi suatu sistem
perpustakaan yang saling membantu untuk mendukung pencapaian tujuan perguruan
tinggi induknya.
Sebagai
suatu sistem, pengelolaan perpustakaan-perpustakaan pada perguruan tinggi ada
kalanya berbeda antara satu dengan perguruan tinggi lainnya.
4.2.
Penelitian
Penelitian saya dalam Perpustakaan Perguruan Tinggi, tinjauan saya yaitu
“Perpustakaan
Universitas Negeri Medan (UNIMED)”. Perpustakaan ini berada di depan
Gedung Rektor Universitas Negeri Medan
(UNIMED).
Pelayanan
Perpustakaan “Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) menggunakan
pelayanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan).
4.2.1
Lokasi
Lokasi Perpustakaan Sekolah Eria berada di :Jalan
Williem Iskandar Pasar V
Medan Estate . Perpustakaan
ini berada didepan Biro Rektor Universitas Negeri Medan (UNIMED).
4.2.2. Pengguna
Pengguna Perpustakaan Universitas Negeri Medan
(UNIMED) yaitu :
-
Mahasiswa/mahasiswi
-
Dosen
-
Staf
Untuk
pengguna ruang perpustakaan Jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
- Senin – Jum’at :
08.00 - 17.00 WIB
- Sabtu :
09.00 – 15.00 WIB
4.2.3. Pelayanan
Pelayanan
Perpustakaan ini menggunakan pelayanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, dan
perpanjangan). Faktor utama yang perlu mendapatkan perhatian dalam menjalankan
pekerjaan pelayanan sirkulasi ini adalah terciptanya hubungan yang baik antara
petugas dengan pengunjung perpustakaan.
Adapun
jenis-jenis pelayanan Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) :
Jenis
pelayanan yang ada diperpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) yaitu :
·
Pelayanan Referensi
·
Pelayanan Terbitan Berkala
·
Pelayanan Koleksi Buku Teks
·
Pelayanan Majalah dan Koran
·
Pelayanan Skripsi
·
Pelayanan Audio Visul
·
Pelayanan Internet
·
OPAC ( Online Public Acsess
Catalog )
·
WIFI ( Wireless Fidelity )
·
Ruang Akses Informasi
·
Ruang Diskusi Mahasiswa
Semua jenis layanan ini dilaksanakan dengan sistem
terbuka kecuali koleksi Skripsi, Laporan Penelitian dilakukan dengan sistem
tertutup (close acsess).
Peminjaman Buku Perpustakaan Universitas
Negeri Medan (UNIMED):
·
Peminjaman dilakukan di meja sirkulasi
dengan menunjukkan Kartu Perpustakaan yang masih berlaku
·
Koleksi teks book dapat dipinjam
sebanyak 2 (dua) eksemplar selama 2 (dua) minggu.
·
Koleksi tandon/reserve book dapat
dipinjam untuk jangka waktu satu hari.
·
Peminjaman dapat diperpanjang 2 (dua)
kali.
·
Keterlambatan pengembalian pinjaman
dikenakan denda Rp.500,- per hari per buku untuk semua koleksi.
·
Bagi peminjam yang tidak membawa kartu
anggota tidak akan dilayani
4.3. Visi dan Misi Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)
Visi
Perpustakaan sebagai sumber informasi yang
lengkap bagi kebutuhan sivitas akademika Universitas Negeri Medan (UNIMED).
Misi
1.
Menyediakan fasilitas pelayanan informasi untuk memenuhi dan mendukung seluruh
kebutuhan informasi sivitas akademika Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam
menunjang belajar mengajar.
2.
Mengelola informasi dengan standar nasional, regional dan
internasional.
3.
Mengembangkan
sistem pelayanan perpustakaan berbasis Information Communication and Technology.
4.4.
Tujuan Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)
1.
Menyediakan koleksi yang sesuai dengan
kebutuhan mata kuliah.
2.
Menyediakan fasilitas layanan yang efektif dan
efisien.
3.
Mengembangkan pangkalan data digital.
4.
Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.
5.
Tersedia sumber daya manusia dan manajemen
organisasi yang baik.
6.
Menjalin
kerjasama dengan unit lain, baik di lingkungan (UNIMED) maupun dari luar
(UNIMED).
Kebijakan Institusi dalam
Pengembangan Perpustakaan
UPT Perpustakaan merupakan bagian penting bagi peningkatan kualitas lulusan
perguruan tinggi Universitas Negeri Medan (UNIMED). Perpustakaan merupakan Unit
Pelaksana Teknis yang berfungsi menyediakan pelayanan informasi kepada sivitas
akademika dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian
kepada masyarakat.
Pengembangan program untuk lima tahun ke depan seperti telah dirumuskan
dalam rencana kerja UPT Perpustakaan UNIMED, sangat konsen terhadap peningkatan
sumber informasi dan pelayanan, yaitu :
1.
Manajemen
operasional
2.
Pengembangan
koleksi
3.
Peningkatan sarana
dan prasarana penunjang pelayanan
4.
Pelayanan prima
5.
Automasi
perpustakaan
Program pengembangan tersebut
diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sivitas akademika,
serta pengembangan program studi yang ada di UNIMED. Hal ini sangat terkait dengan kebutuhan koleksi dari
masing-masing program studi yang ada.
Pengembangan sistem pelayanan secara terintegrasi dengan memanfaatkan
fasilitas komputer terus dilakukan hingga dapat memberikan pelayanan akses data
perpustakaan dari seluruh unit yang ada di lingkungan Universitas Negeri Medan,
serta secara global, dengan memanfaatkan fasilitas internet.
4.5. Lingkungan Eksternal
UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)
dalam pelaksanaannya selalu terkait dengan seluruh unit yang ada di lingkungan
Universitas Negeri Medan (UNIMED). Peran
serta unit pada intinya sebagai pendukung peningkatan pelayanan perpustakaan.
Kebutuhan koleksi sangat berpengaruh dengan kebutuhan informasi setiap mata
kuliah, dosen sebagai pengasuh mata kuliah diharapkan dapat memberikan
informasi kebutuhan buku yang mendukung kualitas pemahaman bidang kajian mata
kuliah, sehingga diharapkan kualitas dapat ditingkatkan. Informasi kebutuhan buku
setiap fakultas dapat diterima perpustakaan setiap tahun sehingga perencanaan
pengadaan koleksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Kerjasama dalam pengembangan otomasi perpustakaan dilakukan dengan
memanfaatkan fasilitas jaringan kampus sehingga diharapkan akses terhadap
informasi perpustakaan dapat dilakukan tanpa mengunjungi perpustakaan.
Pengumpulan hasil karya sivitas akademika Universitas Negeri Medansebagai
koleksi perpustakaan terus dilakukan, walau saat ini masih belum terdata. Hal
ini untuk memberikan fasilitas akses informasi hasil karya eksternal (local
content universitas). serta sebagai kontrol pengembangan kajian bagi sivitas
akademika. Karya ilmiah hasil kajian sivitas akademika yang telah dilaksanakan
baru sebatas skripsi mahasiswa, terus dikembangkan sampai saat ini hasil kajian
dosen dalam bentuk laporan penelitian dan laporan pengabdian masyarakat.
Disamping itu juga dilakukan pendataan jurnal ilmiah terbitan sivitas akademika
UNIMED.
4.6. Sejarah UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan
UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan berdiri seiring dengan berdirinya
Institusi induk yaitu IKIP Medan. Pada
awalnya merupakan perpustakaan Fakultas FKIP USU. Pada tahun 1959 Perpustakaan
dipimpin oleh Ny. Fondoh Hoeres. Pada tahun 1969 perpustakaan baru menempati
gedung tersendiri dengan ukuran 800 m2 berlantai dua. Unsur pimpinan
berganti pada tahun 1962 dipimpin oleh Ny. Hajani Adnan. Pada tahun 1963
beralih kepada Drs. M. Simatupang dan pada tahun 1965 pimpinan diserahkan
kepada Drs. J. Tumanggor serta pada tahun 1977 pimpinan perpustakaan dijabat
oleh Drs. M. Tambunan.
Sesuai dengan keluarnya PP 30 tahun 1980 maka status
perpustakaan menjadi Unit Pelaksana Teknis, dimana Kepala UPT Perpustakaan
bertanggung jawab langsung kepada Rektor dengan pembinaan sehari-hari dilakukan
oleh Pembantu Rektor I.
Pada bulan Agustus 1984 Kepala Perpustakaan saat itu, Drs. M. Tambunan,
mengikuti tugas belajar ke Amerika Serikat maka perpustakaan dipimpin oleh Drs.
Belling Siregar. Dan sejak bulan Mei 1986 setelah Drs. M. Tambunan kembali dari
tugas belajar kepala UPT Perpustakaan IKIP Medan kembali dipimpinnya.
Tahun 1987 UPT Perpustakaan IKIP Medan pindah ke lokasi kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, dengan menempati
gedung seluas 3.000 m2 berlantai tiga. Karena kampus IKIP Medan
menempati tiga tempat yaitu kampus lama Jl. Merbau, kampus Jl. Pelajar dan
Kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V maka UPT Perpustakaan mengambil kebijakan,
sejak tahun 1990 membuka Perpustakaan di tiap-tiap fakultas yang ada dengan
sebutan Ruang Baca Fakultas, hal ini dimasudkan untuk mendekatkan koleksi
kepada pemakai perpustakaan terutama bagi pengguna yang masih jauh dari UPT
Perpustakaan di kampus baru.
Pada tanggal 15 Agustus 1989, pimpinan UPT Perpustakaan IKIP Medan
diserahterimakan dari Drs. M. Tambunan, MLS kepada Drs. Belling Siregar. Pada tahun 1992 kepala perpustakaan mengikuti tugas
belajar di Inggris, maka perpustakaan dipimpin oleh Dra. Ratnawati Dora, SIP
sampai tahun 1994. Setelah Drs. Belling Siregar, MLib. Selesai tugas belajar
UPT Perpustakaan kembali dipimpin sampai tahun 1998. Pada tanggal 14 Juli 1998 kepala UPT Perpustakaan
diserahterimakan dari Drs. Belling Siregar, M.Lib. Kepada Dra. Ratnawati Dora,
SIP hingga sekarang.
BAB
V
PERPUSTAKAAN
KHUSUS
5.1.
Pengertian Perpustakaan Khusus
Perpustakaan
khusus merupakan perpustakaan yang memiliki koleksi-koleksi perpustakaan yang
khusus, yang digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan suatu lembaga dan
instansi. Menurut Suhstyo-Basuki (1991:49) “Perpustakaan khusus adalah
perpustakaan yang diselengarakan oleh sebuah dapartemen, lembaga, lembaga
negara, lembaga penelitian, organisasi massa, militer, industri maupun
perusahaan swasta”.
Adapun
tugas dari perpustakaan khusus adalah melayani keperluan badan tersebut dengan
menyediakan koleksi buku untuk para ahli dan penelitian yang tergabung pada
badan tertentu dan memberi keterangan biografi yang cepat dan tepat serta
mengadakan penelusuran literatur atas permintaan.
5.2.
Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Khusus
Fungsi
perpustakaan khusus adalah sebagai pusat referensi dan penelitian serta
memperlancar pelaksanaan tugas instansi atau lembaga yang bersangkutan. Juga
melaksanakan pembinaan perpustakaan dan membantu pembinaan teknis pengelolaan
perpustakaan.
Menurut Soetminan (1992:28) “Fungsi perpustakaan khusus
adalah seabagai pusat referal dan penelitian serta untuk memperlancar
pelaksanaan tugas instansi yang bersangkutan. Sedangkan tugas perpustakaan
khusus adalah melayani suatu kelompok masyarakat khusus yang memiliki kesamaan
dalam kebutuhan dan minat terhadap bahan pustaka dan informasi”.
Tujuan perpustakaan khusus adalah untuk mendapatkan,
mengumpulkan, dan menyajikan segala bentuk informasi yang ada hubungannya
dengan suatu subjek yang dapat digunakan oleh departemen atau instansi yang
bersangkutan. Untuk membantu tugas badan induk tempat perpustakaan itu
bernaung. Sehubungan dengan masyarakat yang dilayani, maka tujuannya adalah
memberikan layanan kepada pengguna perpustakaan agar dapat dimanfaatkan dan
mendayagunakan bahan koleksi rujukan sesuai dangan jenis layanan yang ada di
perpustakaan.
5.3.
Penelitian
Penelitian
saya tentang Perpustakaan khusus, tinjauan saya adalah Perpustakaan Lembaga
Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan
khusus bidang perkebunan yang berada di bawah biro pelayanan informasi (BPI)
LPP Kampus Medan.
5.4.
Lokasi
Lokasi
Perpustakaan Khusus Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan yaitu berada di
Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing No.1 Sampali Medan.
Pada
awalnya perpustakaan LPP Kampus Medan berada di halaman depan kompleks LPP
Kampus Medan. Letaknya yang strategis ini menyebabkan para mahasiswa, staf
pengajar/dosen, peserta khusus, dan karyawan LPP Medan enggan datang ke
perpustakaan.
5.5.
Koleksi Buku Perpustakaan
Koleksi
buku yang terdapat di Perpustakaan
Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan yaitu :
1. Koleksi Umum,
misalnya
a.
Bahasa Inggris
b.
Dasar-dasar manajemen
c.
Psikologi umum
d.
Ekonomi
e.
Dan lain-lain
2. Koleksi Bidang
Pertanian/Perkebunan
a.
Budidaya perkebunan
b.
Budidaya the
c.
Holtikultura
d.
Hama dan penyakit tumbuhan
e.
Dan lain-lain
3. Koleksi Referensi
a.
Kamus
b.
Ensiklopedia
c.
Kamus istilah perkebunan
d.
Buku pintar
4. Majalah/Jurnal
a.
Warta kelapa sawit
b.
Swasembada
c.
Trubus
d.
Jurnal pelitian karet
5. Koran
a.
Waspada
b.
Kompas
c.
Analisa
6. Brosur/Leaflet
a.
Penelitian hama penyakit pertanian
b.
Produksi karet
c.
Kebun Induk kelapa Hibrida
d.
Brosur politeknik LPP Medan
7. Audio-visual
a.
LCD
b.
VTR/VCD
c.
Compack Disk tentang pertanian
d.
Compack Disk tentang LPP
5.6.
Pelayanan
Perpustakaan
Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan adalah satu perpustakaan yang
menggunakan sistem pelayanan terbuka. Pelayanan terbuka maksudnya (open acsess)
yaitu suatu sistem pelayanan yang membolehkan pengunjung perpustakaan mengambil
sendiri bahan pustaka. Dimana semua pengguna perpustakaan bebas untuk
berkunjung dan para pengguna juga dapat melihat langsung koleksi-koleksi bahan
pustaka yang ada di perpustakaan tersebut.
Dan
Perpustakaan ini menggunakan sistem pelayanan tertutup (close acsess). Pelayanan tertutup (close
acsess) disini maksudnya yaitu suatu sistem pelayanan yang tidak membolehkan
pengunjung perpustakaan masuk ke ruang koleksi dan mengambil sendiri bahan
pustaka yang dibutuhkan.
Adapun pelayanan pengguna
yang diselenggarakan pada Perpustakaan LPP Medan adalah pelayanan sirkulsi,
pelayanan referensi, pelayanan audio-visual, pelayanan bimbingan pengguna, dan
pelayanan internet.
5.7.
Pengguna
Pengguna
Perpustakaan Lembaga Pendidikan (LPP) Medan yaitu Mahasiswa/mahasiswi PAUP,
peserta kursus/Diklat, staf pengajar/karyawan, dll.
Untuk
pengguna ruang perpustakaan, jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
- Senin – Kamis : pukul 08.30 – 16.00 WIB
- Jum’at :
pukul 08.30 – 15.00 WIB
DAFTAR
PUSTAKA
Hasugian Jonner, 2009. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan : USU Press.
Lasa, HS. 1994. Jenis-jenis
Pelayanan Informasi di Perpustakaan.
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Sulistyo-Basuki, 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sumardji, P. 1992. Pelayanan
Referensi di Perpustakaan. Yogyakarta : Kanisius.
1 comment:
Saya baru tau tentang informasi ini. Jarang sekali orang indonesia yang menulis tentang ini ya.
Terimakasih banyak.
Silahkan berkunjung ke blog saya di Sinai Mesir
Post a Comment