16 Mar 2015

JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN (UMUM, SEKOLAH, PERGURUAN TINGGI, dan KHUSUS)




MAKALAH

JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN
(UMUM, SEKOLAH, PERGURUAN TINGGI, dan KHUSUS)









Oleh :

HARUM ZAKIAH LUBIS
NIM : 102201033














D-III PERPUSTAKAAN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2010/2011









KATA PENGANTAR




            Puji syukur bagi ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan Salam kepada Junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari kegelapan kealam yang penuh dengan ilmu pengetahuan dengan ridho ALLAH SWT.

            Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, banyak terdapat kekurangan baik dari segi tata bahasa maupun dari penulisannya. Namun tanpa bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak, semua ini tidak akan terwujud. Segala saran dan kritik yang sifat membangun akan sangat dihargai.

            Secara khusus penulis ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada ibunda tercinta penulis yang menjadi sumber motivasi serta kekuatan  dan curahan kasih sayang serta do’a yang diberikan kepada penulis dalam membina dan mendidik penulis sampai sekarang ini.

            Akhirnya semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Medan, 14 Oktober 2010
                                                                                                            Penulis


                                                                                                            ( Harum Zakiah Lubis )






















BAB I

PENDAHULUAN


1.1.            Latar Belakang dan Masalah

Perkembangan suatu perpustakaan dapat dilihat dari kegiatan pelayanannya. Karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh suatu perpustakaan. Pelayanan pengguna adalah salah satu tugas penting dalam penyelenggaraan suatu perpustakaan, dimana pelayanan tersebut adalah suatu unit kegiatan yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan, informasi, dan pengarahan hingga pengguna dapat menelusuri dan mempelajari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.
Untuk melakukan tugas layanan dengan baik, pihak perpustakaan perlu mempelajari, memahami dan mengerti akan kebutuhan penggunanya. Dimana dalam memberikan pelayanannya perpustakaan harus mengutamakan kepentingan pengguna perpustakaan sehingga fungsi perpustakaan benar-benar terlaksana.        
Dari sebuah makalah ini yang akan membahas tentang jenis-jenis perpustakaan. Dan akan diketahui banyak perbedaan dari jenis-jenis perpustaknaan umum, perpustakan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus.
Oleh sebab itu berdasarkan uraian diatas untuk mengetahui lebih jelas bagaimana pelayanan pengguna pada jenis-jenis perpustakaan. Penulis merasa tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pelayanan pengguna pada jenis-jenis perpustakaan dengan memilih judul “Jenis-jenis Perpustakaan Umum, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Khusus”. Sesuai dengan judul  penulisan kertas karya ini maka masalah yang akan dibahas adalah bagaimana perbedaan pelayanan pengguna pada Jenis-jenis Perpustakaan Umum, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Khusus.

1.2.            Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan kertas karya ini adalah :
1.         Untuk mengetahui dengan jelas letak lokasi perpustakaan, pengguna perpustakaan, koleksi perpustakaan, dan pelayanan perpustakaan yang ada dalam jenis-jenis perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus.
2.         Untuk mengetahui  sejauh mana kegiatan pelayanan pengguna yang telah dilakukan oleh perpustakaan dalam jenis-jenis perpustakaan diatas dalam memenuhi kebutuhan informasi.

1.3.            Ruang Lingkup

Ruang Lingkup perpustakaan kertas karya ini adalah kegiatan pelayanan pengguna pada perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus yaitu pelayanan sirkulasi dan pelayanan referensi. Pelayanan sirkulasi disini meliputi pelayanan keanggotaan, peminjaman, pengembalian, perpanjangan, penagihan, denda/sanksi, statistik. Pada pelayanan referensi yang akan dibahas yaitu tentang koleksi buku yang ada dalam perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus.





1.4.            Metode Pengumpulan Data

                        Metode yang dilakukan oleh penulis dalam penyusunan kertas karya ini adalah :
1.      Studi Kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian terhadap bahan-bahan yang ada berupa buku, artikel, majalah dan yang lainnya yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas.
2.      Studi Lapangan (Field Research) yaitu dengan mengadakan pengamatan langsung pada Perpustakan Umum Kota Medan, Perpustakaan Sekolah Eria, Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED), dan Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan.





















BAB II

PERPUSTAKAAN UMUM

2.1. Pengertian Perpustakaan Umum

                        Perpustakaan umum merupakan sebuah perpustakaan atau sistem perpustakaan yang menyediakan akses yang tidak terbatas kepada sumberdaya perpustakaan dan layanan gratis kepada warga masyarakat di daerah  atau wilayah tertentu , yang didukung penuh atau sebahagian dari dana masyarakat (pajak). Menyimak definisi diatas, Perpustakaan Umum memiliki tugas yang sangat luas dalam hal penyediaan akses informasi kepada masyarakat.
                        Untuk meggolongkan suatu perpustakaan termasuk ke dalam jenis perpustakaan umum, setidak-tidaknya melihat empat unsur sebagai kriteria yaitu :
a).        Koleksi perpustakaan umum harus terbuka bagi semua warga untuk keperluan rujukan maupun untuk peminjaman.
b).        Seluruh atau sebahagian besar anggaran perpustakaan umum diperoleh dari dana masyarakat umum, baik dari tingkat lokal maupun nasional. Dana masyarakat umum yang dimaksud adalah diperoleh dari pajak.
c).        Jasa pelayanan yang diberikan kepada semua warga adalah cuma-cuma atau gratis.
d).        Koleksinya mencakup semua jenis bahan perpustakaan bagi semua warga dan dalam suasana subjek atau topik. 





2.2.            Penilitian

Penelitian saya tentang perpustakaan umum tinjauan saya yaitu “Perpustakaan Umum Kota Medan”. Kegiatan pelayanan ini termasuk pelayanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan).
Pelayanan sirkulasi merupakan pelayanan yang disediakan oleh perpustakaan kepada pengguna, untuk memanfaatkan koleksi buku perpustakaan. Tugas pokok bagian sirkulasi ini adalah melayani pengguna yang akan meminjam dan mengembalikan bahan pustaka.

2.2.1.  Lokasi Perpustakaan
                        Lokasi Perpustaakan Umum Kota Medan berada di Jalan Sultan Iskandar Muda No. 270 B Tlpn. (061) 4527921Medan 20112.

2.2.2.                  Pelayanan Perpustakaan
                        Adapun kegiatan pelayanan sirkulasi yang dilaksanakan di Perpustakan Umum Kota Medan meliputi :
- Keanggotaan
                                 - Peminjaman
                                 - Pengembalian
                                 - Perpanjangan
                                 - Pemberian sanksi

Pelayanan
      - Open Akses
      - Wi Fi
      - Refrensi

2.2.3.         Pengguna Perpustakaan
- Umum
- Untuk segala usia
                        Untuk pengguna ruang perpustakaan Jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
                      -  Senin-Kamis              : 07.30 - 16.00 WIB
                      -  Jum’at                        : 07.30 - 15.30 WIB
                      -  Sabtu                          : 07.30 - 13.00 WIB

2.2.4.   Koleksi Buku Perpustakaan
- Umum 000-900
- Refrensi
- Deposi


BAB III

PERPUSTAKAAN SEKOLAH


3.1.            Pengertian Perpustakaan Sekolah

                        Dalam pengertian yang sederhana Perpustakaan Sekolah adalah perpustakaan yang dikelola serta terdapat di sekolah dengan tujuan membantu sekolah untuk mencapai tujuannya. Perpustakaan sekolah terdapat pada jenjang pendidikan mulai dari Taman kanak-kanak hingga ke Sekolah Menengah Tingkat Atas.
                        Koleksi perpustakaan sekolah bukanlah semata-mata buku ajar, melainkan buku penunjang pelajaran serta fiksi. Koleksi suatu perpustakaan sekolah biasanya berupa buku, terbitan berkala, dan media pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan yang dilayaninya.
Perpustakaan sekolah juga melayani keperluan bacaan guru, murid, dan staf. Hal yang menarik dalam lingkungan perpustakaan sekolah ini adalah pengelolaannya yaitu seorang pustakawan sekolah, yang sering disebut pustakawan guru.

3.2.            Penelitian
Penelitian saya tentang Perpustakan Sekolah, tinjauan saya yaitu “Yayasan Pendidikan Ani Idrus Perguruan Eria”. Didalam sebuah Yayasan ini, mempunyai sebuah perpustakaan sekolah yang berada di depan  sekolah. Perpustakaan tersebut bernama “ Perpustakaan Sekolah Eria “.




3.2.1.                  Lokasi Perpustakaan

                        Lokasi Perpustakaan Sekolah Eria berada di Jalan Sisingamangaraja No. 195 Telp. (061) 7874630 Medan 20217 Sumatera Utara.

3.2.2. Pengguna Perpustakaan

                        Pengguna Perpustakaan Sekolah Eria yaitu :
   - Siswa-siswi (SD, SMP, SMA, dan SMK)
   - Guru

3.2.3. Koleksi Buku Perpustakaan

                        Koleksi Buku Perpustakaan Sekolah Eria yaitu :
   - 1200 judul buku
   - Koleksi Referensi
   - Koleksi Majalah
   - Koleksi Kliping
   - Koleksi Buku-buku Pelajaran

3.2.4.  Pelayanan Perpustakaan
                        Pelayanan Perpustakaan Sekolah Eria meliputi :
-                                   Sistem pelayanan sirkulasi pengguna (peminjaman, pengembalian, perpanjangan).
    -       Dan menggunakan layanan manual.





                        Untuk pengguna ruang perpustakaan jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
                        - Senin – Sabtu            : 09 – 17.00 WIB
                       
Adapun Visi dan Misi sebuah Perpustakaan Sekolah Eria ini yaitu mencerdaskan anak bangsa agar siswa-siswi gemar membaca buku di perpustakaan sekolah dan menambah ilmu pengetahuan serta wawasan yang bermanfaat.





BAB IV

PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI


4.1.            Perngertian Perpustakaan Perguruan Tinggi

                        Secara sederhana perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang dikelola oleh perguruan tinggi dengan tujuan membantu tercapainya tujuan perguruan tinggi. Bentuk perpustakaan perguruan tinggi adalah universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, politeknik, dan sebagainya. Seperti: Fakultas, Departemen, Jurusan, Program Studi, Lembaga Penelitian, dan lain sebagainya.
                        Keberadaan berbagai perpustakaan pada sebuah perguruan tinggi dapat menjadi suatu sistem perpustakaan yang saling membantu untuk mendukung pencapaian tujuan perguruan tinggi induknya.
                        Sebagai suatu sistem, pengelolaan perpustakaan-perpustakaan pada perguruan tinggi ada kalanya berbeda antara satu dengan perguruan tinggi lainnya.

4.2.            Penelitian

                        Penelitian saya dalam Perpustakaan Perguruan Tinggi, tinjauan saya yaitu “Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)”. Perpustakaan ini berada di depan Gedung  Rektor Universitas Negeri Medan (UNIMED).
                         Pelayanan Perpustakaan “Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) menggunakan pelayanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan).
                          

4.2.1              Lokasi

Lokasi Perpustakaan Sekolah Eria berada di :Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate . Perpustakaan ini berada didepan Biro Rektor Universitas Negeri Medan (UNIMED).


4.2.2. Pengguna

Pengguna Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) yaitu          :
-          Mahasiswa/mahasiswi
-          Dosen
-          Staf
                        Untuk pengguna ruang perpustakaan Jam buka perpustakaan setiap hari kerja yaitu :
- Senin – Jum’at                      : 08.00 - 17.00 WIB
- Sabtu                                     : 09.00 – 15.00 WIB
4.2.3. Pelayanan
                                 Pelayanan Perpustakaan ini menggunakan pelayanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan). Faktor utama yang perlu mendapatkan perhatian dalam menjalankan pekerjaan pelayanan sirkulasi ini adalah terciptanya hubungan yang baik antara petugas dengan pengunjung perpustakaan.
                                 Adapun jenis-jenis pelayanan Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) :
      Jenis pelayanan yang ada diperpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) yaitu :
·         Pelayanan Referensi
·         Pelayanan Terbitan Berkala
·         Pelayanan Koleksi Buku Teks
·         Pelayanan Majalah dan Koran
·         Pelayanan Skripsi
·         Pelayanan Audio Visul
·         Pelayanan Internet
·         OPAC ( Online Public Acsess Catalog )
·         WIFI   ( Wireless Fidelity )
·         Ruang Akses Informasi
·         Ruang Diskusi Mahasiswa
Semua jenis layanan ini dilaksanakan dengan sistem terbuka kecuali koleksi Skripsi, Laporan Penelitian dilakukan dengan sistem tertutup (close acsess).
Peminjaman Buku Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED):
·         Peminjaman dilakukan di meja sirkulasi dengan menunjukkan Kartu Perpustakaan yang masih berlaku
·         Koleksi teks book dapat dipinjam sebanyak 2 (dua) eksemplar selama 2 (dua) minggu.
·         Koleksi tandon/reserve book dapat dipinjam untuk jangka waktu satu hari.
·         Peminjaman dapat diperpanjang 2 (dua) kali.
·         Keterlambatan pengembalian pinjaman dikenakan denda Rp.500,- per hari per buku untuk semua koleksi.
·         Bagi peminjam yang tidak membawa kartu anggota tidak akan dilayani

4.3.    Visi dan Misi Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)

  Visi
  Perpustakaan sebagai sumber informasi yang lengkap bagi kebutuhan sivitas akademika Universitas Negeri Medan (UNIMED).

  Misi

1.            Menyediakan fasilitas pelayanan informasi untuk memenuhi dan mendukung seluruh kebutuhan informasi sivitas akademika Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam menunjang belajar mengajar.
2.            Mengelola informasi dengan standar nasional, regional dan internasional.
3.            Mengembangkan sistem pelayanan perpustakaan berbasis Information Communication and Technology.
4.4.      Tujuan Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED)
1.                   Menyediakan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan mata kuliah.
2.                   Menyediakan fasilitas layanan yang efektif dan efisien.
3.                   Mengembangkan pangkalan data digital.
4.                   Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.
5.                   Tersedia sumber daya manusia dan manajemen organisasi yang baik.
6.                  Menjalin kerjasama dengan unit lain, baik di lingkungan (UNIMED) maupun dari luar (UNIMED).
Kebijakan Institusi dalam Pengembangan Perpustakaan
UPT Perpustakaan merupakan bagian penting bagi peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi Universitas Negeri Medan (UNIMED). Perpustakaan merupakan Unit Pelaksana Teknis yang berfungsi menyediakan pelayanan informasi kepada sivitas akademika dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Pengembangan program untuk lima tahun ke depan seperti telah dirumuskan dalam rencana kerja UPT Perpustakaan UNIMED, sangat konsen terhadap peningkatan sumber informasi dan pelayanan, yaitu :
1.                  Manajemen operasional
2.                  Pengembangan koleksi
3.                  Peningkatan sarana dan prasarana penunjang pelayanan
4.                  Pelayanan prima
5.                  Automasi perpustakaan
Program pengembangan tersebut diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sivitas akademika, serta pengembangan program studi yang ada di UNIMED. Hal ini sangat terkait dengan kebutuhan koleksi dari masing-masing program studi yang ada.
Pengembangan sistem pelayanan secara terintegrasi dengan memanfaatkan fasilitas komputer terus dilakukan hingga dapat memberikan pelayanan akses data perpustakaan dari seluruh unit yang ada di lingkungan Universitas Negeri Medan, serta secara global, dengan memanfaatkan fasilitas internet.


4.5.      Lingkungan Eksternal

UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam pelaksanaannya selalu terkait dengan seluruh unit yang ada di lingkungan Universitas Negeri Medan (UNIMED). Peran serta unit pada intinya sebagai pendukung peningkatan pelayanan perpustakaan.
Kebutuhan koleksi sangat berpengaruh dengan kebutuhan informasi setiap mata kuliah, dosen sebagai pengasuh mata kuliah diharapkan dapat memberikan informasi kebutuhan buku yang mendukung kualitas pemahaman bidang kajian mata kuliah, sehingga diharapkan kualitas dapat ditingkatkan. Informasi kebutuhan buku setiap fakultas dapat diterima perpustakaan setiap tahun sehingga perencanaan pengadaan koleksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Kerjasama dalam pengembangan otomasi perpustakaan dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas jaringan kampus sehingga diharapkan akses terhadap informasi perpustakaan dapat dilakukan tanpa mengunjungi perpustakaan.
Pengumpulan hasil karya sivitas akademika Universitas Negeri Medansebagai koleksi perpustakaan terus dilakukan, walau saat ini masih belum terdata. Hal ini untuk memberikan fasilitas akses informasi hasil karya eksternal (local content universitas). serta sebagai kontrol pengembangan kajian bagi sivitas akademika. Karya ilmiah hasil kajian sivitas akademika yang telah dilaksanakan baru sebatas skripsi mahasiswa, terus dikembangkan sampai saat ini hasil kajian dosen dalam bentuk laporan penelitian dan laporan pengabdian masyarakat. Disamping itu juga dilakukan pendataan jurnal ilmiah terbitan sivitas akademika UNIMED.

4.6.      Sejarah UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan

UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan berdiri seiring dengan berdirinya Institusi induk yaitu IKIP Medan. Pada awalnya merupakan perpustakaan Fakultas FKIP USU. Pada tahun 1959 Perpustakaan dipimpin oleh Ny. Fondoh Hoeres. Pada tahun 1969 perpustakaan baru menempati gedung tersendiri dengan ukuran 800 m2 berlantai dua. Unsur pimpinan berganti pada tahun 1962 dipimpin oleh Ny. Hajani Adnan. Pada tahun 1963 beralih kepada Drs. M. Simatupang dan pada tahun 1965 pimpinan diserahkan kepada Drs. J. Tumanggor serta pada tahun 1977 pimpinan perpustakaan dijabat oleh Drs. M. Tambunan.
Sesuai dengan keluarnya PP 30 tahun 1980 maka status perpustakaan menjadi Unit Pelaksana Teknis, dimana Kepala UPT Perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dengan pembinaan sehari-hari dilakukan oleh Pembantu Rektor I.
Pada bulan Agustus 1984 Kepala Perpustakaan saat itu, Drs. M. Tambunan, mengikuti tugas belajar ke Amerika Serikat maka perpustakaan dipimpin oleh Drs. Belling Siregar. Dan sejak bulan Mei 1986 setelah Drs. M. Tambunan kembali dari tugas belajar kepala UPT Perpustakaan IKIP Medan kembali dipimpinnya.
Tahun 1987 UPT Perpustakaan IKIP Medan pindah ke lokasi kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, dengan menempati gedung seluas 3.000 m2 berlantai tiga. Karena kampus IKIP Medan menempati tiga tempat yaitu kampus lama Jl. Merbau, kampus Jl. Pelajar dan Kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V maka UPT Perpustakaan mengambil kebijakan, sejak tahun 1990 membuka Perpustakaan di tiap-tiap fakultas yang ada dengan sebutan Ruang Baca Fakultas, hal ini dimasudkan untuk mendekatkan koleksi kepada pemakai perpustakaan terutama bagi pengguna yang masih jauh dari UPT Perpustakaan di kampus baru.
Pada tanggal 15 Agustus 1989, pimpinan UPT Perpustakaan IKIP Medan diserahterimakan dari Drs. M. Tambunan, MLS kepada Drs. Belling Siregar. Pada tahun 1992 kepala perpustakaan mengikuti tugas belajar di Inggris, maka perpustakaan dipimpin oleh Dra. Ratnawati Dora, SIP sampai tahun 1994. Setelah Drs. Belling Siregar, MLib. Selesai tugas belajar UPT Perpustakaan kembali dipimpin sampai tahun 1998. Pada tanggal 14 Juli 1998 kepala UPT Perpustakaan diserahterimakan dari Drs. Belling Siregar, M.Lib. Kepada Dra. Ratnawati Dora, SIP hingga sekarang.




BAB V

PERPUSTAKAAN KHUSUS


5.1.            Pengertian Perpustakaan Khusus

                        Perpustakaan khusus merupakan perpustakaan yang memiliki koleksi-koleksi perpustakaan yang khusus, yang digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan suatu lembaga dan instansi. Menurut Suhstyo-Basuki (1991:49) “Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diselengarakan oleh sebuah dapartemen, lembaga, lembaga negara, lembaga penelitian, organisasi massa, militer, industri maupun perusahaan swasta”.
                        Adapun tugas dari perpustakaan khusus adalah melayani keperluan badan tersebut dengan menyediakan koleksi buku untuk para ahli dan penelitian yang tergabung pada badan tertentu dan memberi keterangan biografi yang cepat dan tepat serta mengadakan penelusuran literatur atas permintaan.

5.2.            Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Khusus
                       
                        Fungsi perpustakaan khusus adalah sebagai pusat referensi dan penelitian serta memperlancar pelaksanaan tugas instansi atau lembaga yang bersangkutan. Juga melaksanakan pembinaan perpustakaan dan membantu pembinaan teknis pengelolaan perpustakaan.

Menurut Soetminan (1992:28) “Fungsi perpustakaan khusus adalah seabagai pusat referal dan penelitian serta untuk memperlancar pelaksanaan tugas instansi yang bersangkutan. Sedangkan tugas perpustakaan khusus adalah melayani suatu kelompok masyarakat khusus yang memiliki kesamaan dalam kebutuhan dan minat terhadap bahan pustaka dan informasi”.

Tujuan perpustakaan khusus adalah untuk mendapatkan, mengumpulkan, dan menyajikan segala bentuk informasi yang ada hubungannya dengan suatu subjek yang dapat digunakan oleh departemen atau instansi yang bersangkutan. Untuk membantu tugas badan induk tempat perpustakaan itu bernaung. Sehubungan dengan masyarakat yang dilayani, maka tujuannya adalah memberikan layanan kepada pengguna perpustakaan agar dapat dimanfaatkan dan mendayagunakan bahan koleksi rujukan sesuai dangan jenis layanan yang ada di perpustakaan.

5.3.            Penelitian

                        Penelitian saya tentang Perpustakaan khusus, tinjauan saya adalah Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan khusus bidang perkebunan yang berada di bawah biro pelayanan informasi (BPI) LPP Kampus Medan. 


5.4.            Lokasi

                        Lokasi Perpustakaan Khusus Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan yaitu berada di Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing No.1 Sampali Medan.
                        Pada awalnya perpustakaan LPP Kampus Medan berada di halaman depan kompleks LPP Kampus Medan. Letaknya yang strategis ini menyebabkan para mahasiswa, staf pengajar/dosen, peserta khusus, dan karyawan LPP Medan enggan datang ke perpustakaan. 


5.5.            Koleksi Buku Perpustakaan

                        Koleksi buku yang terdapat  di Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan yaitu :
1.      Koleksi Umum, misalnya
a.                   Bahasa Inggris
b.                  Dasar-dasar manajemen
c.                   Psikologi umum
d.                  Ekonomi
e.                   Dan lain-lain

2.      Koleksi Bidang Pertanian/Perkebunan
a.                   Budidaya perkebunan
b.                  Budidaya the
c.                   Holtikultura
d.                  Hama dan penyakit tumbuhan
e.                   Dan lain-lain

3.      Koleksi Referensi
a.                   Kamus
b.                  Ensiklopedia
c.                   Kamus istilah perkebunan
d.                  Buku pintar

4.      Majalah/Jurnal
a.                   Warta kelapa sawit
b.                  Swasembada
c.                   Trubus
d.                  Jurnal pelitian karet


5.      Koran
a.                   Waspada
b.                  Kompas
c.                   Analisa

6.      Brosur/Leaflet
a.                   Penelitian hama penyakit pertanian
b.                  Produksi karet
c.                   Kebun Induk kelapa Hibrida
d.                  Brosur politeknik LPP Medan

7.      Audio-visual
a.                   LCD
b.                  VTR/VCD
c.                   Compack Disk tentang pertanian
d.                  Compack Disk tentang LPP

5.6.            Pelayanan

                        Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan adalah satu perpustakaan yang menggunakan sistem pelayanan terbuka. Pelayanan terbuka maksudnya (open acsess) yaitu suatu sistem pelayanan yang membolehkan pengunjung perpustakaan mengambil sendiri bahan pustaka. Dimana semua pengguna perpustakaan bebas untuk berkunjung dan para pengguna juga dapat melihat langsung koleksi-koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan tersebut.
                        Dan Perpustakaan ini menggunakan sistem pelayanan tertutup  (close acsess). Pelayanan tertutup (close acsess) disini maksudnya yaitu suatu sistem pelayanan yang tidak membolehkan pengunjung perpustakaan masuk ke ruang koleksi dan mengambil sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan.
                        Adapun pelayanan pengguna yang diselenggarakan pada Perpustakaan LPP Medan adalah pelayanan sirkulsi, pelayanan referensi, pelayanan audio-visual, pelayanan bimbingan pengguna, dan pelayanan internet.
                       
5.7.            Pengguna

                        Pengguna Perpustakaan Lembaga Pendidikan (LPP) Medan yaitu Mahasiswa/mahasiswi PAUP, peserta kursus/Diklat, staf pengajar/karyawan, dll.
                        Untuk pengguna ruang perpustakaan, jam buka perpustakaan setiap hari  kerja yaitu :
-  Senin – Kamis                      : pukul 08.30 – 16.00 WIB
-  Jum’at                                             : pukul 08.30 – 15.00 WIB
 


















DAFTAR PUSTAKA


Hasugian Jonner, 2009. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan : USU Press.


Lasa, HS. 1994. Jenis-jenis Pelayanan Informasi di Perpustakaan.  Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.


Sulistyo-Basuki, 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Sumardji, P. 1992. Pelayanan Referensi di Perpustakaan. Yogyakarta : Kanisius.

1 comment:

Revorma said...

Saya baru tau tentang informasi ini. Jarang sekali orang indonesia yang menulis tentang ini ya.
Terimakasih banyak.

Silahkan berkunjung ke blog saya di Sinai Mesir

Translate