26 Apr 2015

MAKALAH PRNSIP DAN AJARAN ISLAM DALAM ILMU




AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAAN
PRNSIP DAN AJARAN ISLAM DALAM ILMU



OLEH : KELOMPOK 13
Kelas III. E
1.      NUR EKASARI
2.      KHAERA UMMAH

PROGRAM STUDI STRATA SATU (S-1)
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU  PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
NOVEMBER 2014/2014



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Islam merupakan agama Samawi yang diturunkan oleh ALLAH S.W.T. kepada manusia dan Nabi Muhammad S.A.W. merupakan rasul yang diturunkan oleh ALLAH S.W.T. kepada manusia sebagai pembimbing serta rujukan. Perkara yang menjadi asas kepada penganut agama Islam adalah iman dan amal. Iman adalah kepercayaan kita kepada apa jua yang diturunkan oleh ALLAH S.W.T. dan amal pula merupakan ibadah yang wajib serta perlu dilaksanakan bagi membenarkan iman seseorang itu. Bagi memperolehi iman serta amal yang benar perkara yang perlu ada bagi setiap individu muslim itu adalah ilmu. Seperti mana wahyu pertama yang diturunkan kepada Rasulullah Surah Al-‘Alaq ayat 1-5 dengan jelas mewajibkan. Orang yang berilmu juga mendapat pengiktirafan dan kedudukan yang tinggi di sisi ALLAH S.W.T. seperti yang firmanNYA:
“Allah memberikan hikmah (ilmu pengetahuan) kepada sesiapa yang dikehendakiNya dan orang-orang yang diberikan ilmu pengetahuan beerti ia telah diberikan kebaikan yang banyak”. (Al-Baqarah:269)












BAB II
PEMBAHASAN

PRINSIP DAN AJARAN ISLAM DALAM ILMU
Ilmu pengetahuan merupakan prasyarat terpenting bagi pembangunan bangsa yang kuat dan dihormati. Setiap perkara di dunia ini mestilah disandarkan kepada ilmu seperti iman dan perkara keagamaan, ekonomi,politik, sosial, perpaduan dan sebagainya. Iman atau amalan tanpa ilmu ibarat sebuah bangunan di atas pasir atau sarang labah-labah. Apabila datang ribut yang kuat maka akan binasalah ia. Ilmu pengetahuan juga adalah asas pembentukan sesebuah tamadun manakala akhlak pula adalah pengutuh atau pengukuh yang berperanan mengekalkan kekuatan pembangunan bangsa, negara atau sebuah tamad.
Individu muslim yang menuntu ilmu dalam masa yang sama perlu menghindari perasaan malas dan mudah jemu dengan buku pengajian. Ini dapat diatasi dengan membaca nota atau buku-buku yang kecil dan ringan. Selain itu amalan zikrullah dan membaca ayat-ayat suci Al-Quran mampu melembut hati manusai kerana sesiapa yang menjauhi nasihat ataupun tazkirah diri ditakuti Allah akan mengeraskan hatinya sebagaimana firman ALLAH S.W.T. yang bermaksud :
“Dan ingatlah ketika mana nabi Musa berkata kepada kaumnya :Wahai kaumku! Mengapa kamu menyakitiku sedangkan kamu mengetahui bahawa aku ini adalah utusan Allah .
“Sesungguhnya perumpamaan teman yang shalih dan teman yang buruk hanyalah seumpama pembawa minyak wangi dan peniup tungku api seorang tukang besi. Bagi pembawa minyak wangi, boleh jadi sama ada dia memberinya kepada kamu (minyak wangi) atau kamu membeli daripadanya (minyak wangi) atau kamu mendapat bau harum daripadanya. Bagi peniup tungku api seorang tukang besi, boleh jadi sama ada ia akan membakar pakaian kamu (kerana kesan tiupan api) atau kamu mendapat bau yang tidak sedap daripadanya (bau besi).”
Oleh itu sesiapa yang berusaha untuk memahami agama Islam hendaklah sentiasa berhubung dengan orang-orang yang perhubungannya sentiasa bersama ilmu. Mereka adalah orang-orang yang perhatiannya sentiasa kepada al-Qur’an dan al-Sunnah yang sahih, usahanya sentiasa kepada mengkaji kitab-kitab peninggalan para ulama’ dan pemikirannya sentiasa ke arah memperbaiki keadaan umat Islam dan menjaga kemurnian agama Islam. Di antara mereka ialah para alim ulama’ dan guru-guru, maka hendaklah memuliakan mereka, mendengar nasihat mereka dan mengikuti jejak langkah mereka. Seandainya mereka berbuat salah, hendaklah menasihati mereka secara sopan dan tersembunyi, tidak secara kasar dan terbuka kepada orang ramai. Di antara mereka adalah orang-orang yang dalam proses memahami agama Islam, maka hendaklah menjadikan mereka sebagai sahabat karib, selalu meluangkan masa berkongsi ilmu, bertukar-tukar pendapat dan saling menasihati.
Adab menuntut ilmu yang kelima adalah beramal dengan segala ilmu yang diperolehi. Para penuntut ilmu perlu mengamalkan segala ilmu yang dipelajari setakat mana yang termampu olehnya. Ulama’ silam sentiasa member peringatan bahawa orang yang berilmu dan tidak beramal dengan ilmunya akan dihumban ke dalam api neraka lebih dahulu daripada penyembah berhala. Jadikanlah ilmu yang dipelajari sebagai benteng daripada terjerumus ke kancah maksiat dan jadikanlah juga ia sebagai senjata di dalam mematahkan serangan musuh Islam serta jadikankanlah ia sebagai ubat yang mujarab di dalam menyembuhkan penyakit jahil dan batil di dalam masyarakat. Jangan jadikan ia sebagai barangan jualan untuk mengejar kekayaan dunia yang sementara. Tanpa usaha yang bersungguh- sungguh, pengamalan ilmu yang dipelajari itu tidak mampu untuk dilaksanakan.Seperti firman ALLAH S.W.T.
“Wahai orang-orang yang beriman! mengapa kamu mengatakan apa yang kamu tidak kotakan? Amat besar kebencian Allah di sisi Allah bahawa kamu mengatakan apa yang tidak kamu kotakan” (As-Sof: 2-3)

A.    ILMU DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Ilmu dari sudut bahasa berasal dari perkataan Arab "Alima" yang bererti mengetahui atau perbuatan yang bertujuan untuk mengetahui tentang sesuatu dengan sebenarnya. Selama ini dan bahkan sampai saat ini masih cukup banyak diantara kita yang memandang ilmu it secara dikotomis, yakni ada ilmu agama tersendiri dan ilmu umum secara tersendiri pula.  Keduanya seakan berdisi sendiri-sendiri, tanpa ada kaitan sama sekali.  Akibatnya kedua ilmu ini semakin jauh dan tidak pernah berinteraksi secara harmonis, sehingga apabila ada orang yang ahli dalam suatu bidang ilmu pengetahuan tertentu, belum pasti dia itu mengetahui tentang posisi ilmu agama dalam ilmu tersebut, dan demikian juga sebaliknya.
          Padahal kita yakin bahwa ilmu pengetahuan itu datangnya dari Tuhan, dan Islam pun juga dari Tuhan, karena itu secara teori sesungguhnya kedua ilmu itu merupakan entitas yang satu yang seharusnya tidak boleh dipisahkan.  Akibat dari pemisahan tersebut, saat ini cukup banyak orang yang hanya berkutat dengan keilmuan tertentu saja, tanpa mengaitkan sama sekali ilmu tersebut dengan Islam.  Sementara dilain pihak ada juga orang yang hanya menekuni ilmu agama saja tenpa mau tahu tentang keitannya dengan ilmu pengetahuan lain.  Dan inilah saat ini yang terjadi di masyarakat kita, dan ini sesungguhnya harus dianggap kecelakaan sejarah yang kedepan tidak boleh lagi terjadi.
          Kita semua yakin dan sangat percaya bahwa Islam itu meliputi segala hal, dan Tuhan tidak mungkin membedakan, apalagi memisahkan antara Islam dan segala keilmuan yang ada di dunia ini.  Kalau kita mau mengkaji dan menggali akar keilmuan bagi segala ilmu pengetahua yang ada, tentu kita akan mendapatkannya di dalam al-Quran .  Hanya saja kecenderungan umat kita saat ini justru menjauh dari ruh al-Quran, karena memang  para intelektual Islam yang ada saat ini kurang sekali mengkaitkan antara pembahasan suatu keilmuan tertentu dengan al-Quran.  Tulisan dan buku yang mereka hasilkan juga masih belum mengarah kepengintegrasian antara keduanya.  Sedangkan para ulama sendiri juga seolah enggan untuk berusaha mengerti dan mengetahui keilmuan lain selain Islam, meskipun ilmu tersebut sangat dibutuhkan oleh umat.
          Akibat dari ini semua para ahli dalam berbagai bidang keilmuan,  kadang-kadang tidak tahu sama sekali tentang kaitan ilmu yang dikuasai tersebut dengan Islam.  Ia bahkan menganggap bahwa ilmu yang dia geluti selama ini hanylah sebuah ilmu keduniaan, dan tidak terkait dengan ilmu keislaman, padahal ia itu seorang  ilmuwan muslim.  Alangkah naif dan ruginya kita, kalau hal ini terus-menerus kita biarkan berjalan dan tidak ada upaya sedikitpun dari kita untuk mengubahnya.
Islam, dalam hal ini al-Quran telah mampu memberikan inspirasi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dalam segala bidang, tetapi kenapa saat ini al-Quran tidak diikut sertakan dalam setiap pembahasan keilmuan yang bersifat duniawi.  Bukankah al-Quran itu suatu kitab yang memang diperuntukkan bagi kita dalam rangka mengelola dunia ini?.  Tuhan tidak bermaksud menjadikan  kalamNya tersebut hanya untuk beribadah mahdlah yang hanya berimplikasi terhadap kehidupan akhirat saja, melainkan Tuhan pasti bermaksud menjadikan al-Quran itu sebagai pedoman semua umat dalam rangka kehidupannya di dunia dan sekaligus dalam rangka mempersiapkan kehidupannya di akhirat.
          Karena itulah Tuhan selalu mengkaitkan kehidupan akhirat dengan kehidupan di dunia.  Pada saat ini memang kita sedang hidup di alam dunia dengan tugas memakmurkan dunia ini dengan segala pernik-perniknya, tetapi Tuhan juga mengingatkan bahwa jangan sekali-kali kita melupakan kehidupan akhira yang kekal.  jadi dengan melihat dari ini semua kita dapat menyimpulkan bahwa Islam terutama melalui al-Quran dan sunnah Nabi Muhammad SAW., tidak pernah sekalipun berusaha memisahkan antara kelimuan yang  bersifat duniawi dan bermanfaat untuk merajut kehidupan di duna, dengan keilmuan yang bersifat ukhrawi dan tentu akan bermanfaat di akhirat.
   Dengan kenyataan ini, sesungguhnya sudah tidak ada alasan lagi untuk terus mempertahankan dikotomi keilmuan yang selama ini kita lestarikan.  Kita harus segera mengembalikan kondisi ini kepada kondisi ideal, sesuai dengan pandangan al-Quran dan sunnah Nabi.  Kita tidak boleh lagi menjauhkan dan memisahkan keilmuan Islam dari kehidupan dunia yang kita geluti sehari-hari.  Apapun ilmu yang kita kembangkan, termasuk keilmuan yang selama ini dianggap murni keduniaan, harus kita warnai dengan keilmuan Islam.  Atau dengan kata lain bahwa Islam (al-Quran dan Sunnah) harus kita jadikan panglima dalam pengembangan segala bidang ilmu. Di dalam Islam ilmu terbahagi kepada dua iaitu ilmu Fardhu Ain dan ilmu Fardhu Kifayah. Ilmu Fardhu Ain ialah segala macam ilmu untuk mengenal ALLAH S.W.T., mengetahui sifat-sifat ALLAH S.W.T, mengetahui perkara ghaib, mengetahui cara beribadat, halal dan haram, mengetahui ilmu yang berkaitan dengan menjaga hati dan amalan hati, seperti sabar, ikhlas, hasad, ujub, takabur dan sebagainya. Berasaskan inilah para ulama’ menklasifikasikan ilmu kepada ilmu Tauhid, ilmu Feqah dan ilmu Tasawuf atau lebih kita kenali sebagai ilmu Syara’.
Ilmu Fardhu Kifayah pula ialah ilmu yang perlu diketahui untuk keperluan dan keselesaan hidup di dunia. Ilmu Fardhu Kifayah merupakan pelengkap kepada tahap keilmuan ummah selepas ilmu Fardhu Ain. Antara cabang ilmu yang dikategorikan sebagai ilmu Fardhu Kifayah adalah ilmu perubatan, kejuruteraan, perindusterian, matematik, ekonomi, politik dan lain-lain. Maksud Fardhu Kifayah ialah wajib ada dalam satu kumpulan umat Islam seorang individu muslim yang menuntut ilmu itu dan semua orang dalam kumpulan itu terlepas daripada dosa. Sebaliknya jika tidak ada seorang pun dalam kumpulan itu yang mengetahui ilmu ini, maka semua orang dalam kumpulan itu berdosa (Al-Ghazali, 1988).
Di antara ilmu-ilmu agama yang utama sekali pada nilaian ALLAH S.W.T. adalah ilmu agama yang telah diwahyukannya kepada Rasul-Nya. Sebabnya kerana ilmu agama ini diturunkan oleh ALLAH S.W.T. dengan dua tujuan:
Pertama: Kerana mengaturkan hubungan manusia sesame manusia dan mengatur hubungan manusia dengan ALLAH S.W.T.. Dengan ilmu agama ini ALLAH S.W.T. mengajar mereka adab peraturan yang jika diamalkan oleh seseorang akan hiduplah ia dengan saudara-saudaranya - manusia yang lain – dalam keadaan kasih mesra dan bersih suci dari perasaan hasad dengki.
Kedua : Dengan ilmu agama inijuga ALLAH S.W.T. mengajar mereka adab peraturan yang jika diamalkan oleh seseorang dalam hubungannya dengan Tuhan akan berjayalah ia mencapai keredhaan-Nya, iaitu dengan menjadikan dia berkehidupan bahagia di dunia dan mendapat balasan yang sebaik-baiknya di akhirat kelak.

B.     PENERAPAN ILMU BERBASIS SUNNATULLAH DAN QADARULLAH

1.      Pengertian Sunnatullah

Kata sunnatullah dari segi bahasa terdiri dari kata sunnah dan Allah. Kata sunnah antara lain berarti kebiasaan. Sunnatullah adalah kebiasaan-kebiasaan Allah dalam
memperlakukan masyarakat. Dalam al-Qur’an kata sunnatullah dan yang semakna dengannya seperti sunnatina atau sunnatul awwalin terulang sebanyak tiga belas kali. Sunnatullah adalah hukum-hukum Allah yang disampaikan untuk umat manusia melalui para Rasul, undang-undang keagamaan yang ditetapkan oleh Allah yang termaksud di dalam al-Qur’an, hukum (kejadian) alam yang berjalan tetap dan otomatis.
Sunatullah adalah bagian yang bersifat 'dinamis' dari ilmu-pengetahuan-Nya di alam semesta ini. Karena sunatullah memang hanya semata terkait dengan segala proses penciptaan dan segala proses kejadian lainnya (segala proses dinamis). Sunatullah itu sendiri tidak berubah-ubah, namun masukan dan keluaran prosesnya yang bisa selalu berubah-ubah secara 'dinamis' (segala keadaan lahiriah dan batiniah 'tiap saatnya'), dan tentunya sunatullah juga berjalan atau berlaku 'tiap saatnya'. Sunatullah berupa tak-terhitung jumlah aturan atau rumus proses kejadian (lahiriah dan batiniah), yang bersifat 'mutlak' dan 'kekal', yang tiap saatnya pasti selalu mengatur segala zat ciptaan-Nya di alam semesta ini.

2.      Ilmu berdasarkan Sunnatullah

Segala bentuk ilmu-pengetahuan (beserta segala teori dan rumus di dalamnya), yang dikenal dan dicapai oleh manusia, secara "amat obyektif" (sesuai dengan fakta-kenyataan-kebenaran secara apa adanya, tanpa ditambah dan dikurangi), pada dasarnya hanya semata hasil dari pengungkapan, atas sebagian amat sangat sedikit dari ilmu-pengetahuan-Nya (terutama sunatullah).
Bahkan nantinya, segala bentuk ilmu-pengetahuan yang belum dikenal, juga hanya hasil dari usaha mengungkap atau memformulasikan sunatullah, yang justru telah ditentukan atau ditetapkan-Nya, sebelum awal penciptaan alam semesta ini.
Dan segala bentuk ilmu-pengetahuan lainnya pada manusia, yang bukan hasil dari usaha mengungkap atau memformulasikan sunatullah, secara "amat obyektif", tentunya bukan bentuk ilmu-pengetahuan yang 'benar'. Ilmu-pengetahuan Allah, Yang Maha Mengetahui bersifat 'mutlak' (pasti benar) dan 'kekal' (selalu benar). Sedangkan segala bentuk ilmu-pengetahuan manusia (bahkan termasuk para nabi-Nya), pasti bersifat 'relatif' (tidak mutlak benar), 'fana' (hanya benar dalam keadaan tertentu) dan 'terbatas' (tidak mengetahui segala sesuatu hal). Karena tiap manusia memang pasti memiliki segala kekurangan dan keterbatasan.
Namun tiap manusia justru bisa berusaha semaksimal mungkin, agar tiap bentuk ilmu-pengetahuannya bisa makin 'sesuai' atau 'mendekati' ilmu-pengetahuan Allah di alam semesta ini, dengan menggunakan akalnya secara relatif makin cermat, obyektif dan mendalam.
Usaha seperti ini justru juga telah dilakukan oleh para nabi-Nya. Sehingga seluruh pengetahuan mereka tentang pengetahuan atau kebenaran-Nya, terutama yang paling penting, mendasar dan hakiki bagi kehidupan umat manusia (hal-hal gaib dan batiniah), memang telah bisa tersusun relatif sempurna (relatif amat lengkap, mendalam, konsisten, utuh dan tidak saling bertentangan secara keseluruhannya). Hal ini yang justru telah mengakibatkan tiap pengetahuan mereka, bisa disebut 'wahyu-Nya'. Baca pula artikel/posting "Cara proses diturunkan-Nya wahyu".
Segala bentuk ilmu-pengetahuan manusia mestinya bisa dipilih terlebih dahulu, secara amat hati-hati, cermat dan selektif, sebelum dipakai atau diyakini, karena relatif bisa mudah menyesatkan, terutama pada agama, ajaran dan paham yang bersifat 'musyrik' dan 'materialistik', yang memang pasti tidak sesuai dengan kebenaran-Nya (mustahil berasal dari Allah dan tidak bersifat mendasar / hakiki).

3.      Pengertian Qadarullah

Takdir (qadar) adalah perkara yang telah diketahui dan ditentukan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan telah dituliskan oleh al-qalam (pena) dari segala sesuatu yang akan terjadi hingga akhir zaman.

 

 

4.      Ilmu berdasarkan Qadarullah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لا يؤمن عبد حتى يؤمن بالقدر خبره وشره حتى بعلم أن ما أصابه لم يكن ليخطئه وأن ما أخطأه لم يكن ليصيبه
“Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga dia beriman kepada qadar baik dan buruknya dari Allah, dan hingga yakin bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya, serta apa yang luput darinya tidak akan menimpanya.”
 (Shahih, riwayat Tirmidzi dalam Sunan-nya (IV/451) dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dan diriwayatkan pula oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya (no. 6985) dari ‘Abdullah bin ‘Amr. Syaikh Ahmad Syakir berkata: ‘Sanad hadits ini shahih.’
Jibril ‘alaihis salam pernah bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai iman, maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
الإيمان أن تؤ من با لله وملا ئكته وكتبه ورسله واليوم الا خر وتؤ من بالقدرخيره وشره
“Engkau beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari akhir serta qadha’ dan qadar, yang baik maupun yang buruk.”
(Shahih, riwayat Muslim dalam Shahih-nya di kitab al-Iman wal Islam wal Ihsan (VIII/1, IX/5))
Dan Shahabat ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma juga pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كل شيء بقدر حتى العجز والكيسز
“Segala sesuatu telah ditakdirkan, sampai-sampai kelemahan dan kepintaran.”

 

C.     AYAT AL-QURAN DAN HADITS

Kedudukan Ilmu pengetahuan dalam Islam menempati kedudukan tinggi dimana Al-Qur’an memandang orang yang beriman dan berilmu pengetahuan berada pada posisi yang tinggi dan mulia, dan juga ditegaskan dalam Hadits-hadits Nabi yang memuat anjuran dan dorongan untuk menuntut ilmu. “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Mujadillah [58]:  Hal ini juga ditegaskan dalam beberapa ayat dan hadits rasulullah saw sebagai berikut:
“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS Mujaadilah [58] :11)
Rasulullah saw pun memerintahkan para orang tua agar mendidik anak-anaknya dengan sebaik mungkin. “Didiklah anak-anakmu, karena mereka itu diciptakan buat menghadapi zaman yang sama sekali lain dari zamanmu kini.” (Al-Hadits Nabi saw). “Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap Muslimin, Sesungguhnya Allah mencintai para penuntut ilmu.” (Hadis Nabi saw).
Ayat ini menguraikan bagaimana kedudukan dari setiap umat manusia yang memiliki tingkat keimanan yang tinggi yang dibarengi dengan Penguasaan terhadap ilmu pengetahuan. Tidak akan beriman seseorang jika tidak memiliki pengetahuan dan sesungguhnya pengetahuan itu akan melahirkan kemudharatan jika tidak dibarengi dengan kaar keimanan yang baik. Hal ini memberikan indikasi bahwa sesungguhnya antara Islam dan Ilmu Pengetahuan adalah maerupakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
Allah telah menentukan segala perkara untuk makhluk-Nya sesuai dengan ilmu-Nya yang terdahulu (azali) dan ditentukan oleh hikmah-Nya. Tidak ada sesuatupun yang terjadi melainkan atas kehendak-Nya dan tidak ada sesuatupun yang keluar dari kehendak-Nya. Maka, semua yang terjadi dalam kehidupan seorang hamba adalah berasal dari ilmu, kekuasaan dan kehendak Allah, namun tidak terlepas dari kehendak dan usaha hamba-Nya.
Allah Ta’ala berfirman,
إنا كل شىء خلقنه بقدر
“Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.” (Qs. Al-Qamar: 49)
وخلق كـل شىء فقدره, تقديرا
“Dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.” (Qs. Al-Furqan: 2)
وإن من شىء إلا عنده بمقدار
“Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya, dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu.” (Qs. Al-Hijr: 21)
BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Ilmu yang benar menurut syari’at Islam adalah ilmu yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunah serta tanda-tanda kekuasaan Allah SWT di alam semesta ini. Dalam Al-
Qur’an maupun As-Sunah kita sebagai umat Islam diperintahkan untuk menuntut ilmu dan dihukumi wajib. Karena sesungguhnya ilmu merupakan syarat utama diterimanya suatu amalan. Ilmu pada dasarnya memiliki banyak keutamaan, tiga di antaranya adalah ilmu dapat mengangkat derajat pemiliknya (seorang mukmin) di atas hamba lainnya, Allah SWT akan memudahkan bagi orang yang berilmu jalan menuju surga, seluruh makhluk akan memintakan ampun bagi para penuntut ilmu. Individu muslim yang menuntu ilmu dalam masa yang sama perlu menghindari perasaan malas dan mudah jemu dengan buku pengajian. Ini dapat diatasi dengan membaca nota atau buku-buku yang kecil dan ringan. Selain itu amalan zikrullah dan membaca ayat-ayat suci Al-Quran mampu melembut hati manusai kerana sesiapa yang menjauhi nasihat ataupun tazkirah diri ditakuti Allah akan mengeraskan hatinya sebagaimana firman ALLAH S.W.T. yang bermaksud :
“Dan ingatlah ketika mana nabi Musa berkata kepada kaumnya :Wahai kaumku! Mengapa kamu menyakitiku sedangkan kamu mengetahui bahawa aku ini adalah utusan Allah .
“Sesungguhnya perumpamaan teman yang shalih dan teman yang buruk hanyalah seumpama pembawa minyak wangi dan peniup tungku api seorang tukang besi. Bagi pembawa minyak wangi, boleh jadi sama ada dia memberinya kepada kamu (minyak wangi) atau kamu membeli daripadanya (minyak wangi) atau kamu mendapat bau harum daripadanya. Bagi peniup tungku api seorang tukang besi, boleh jadi sama ada ia akan membakar pakaian kamu (kerana kesan tiupan api) atau kamu mendapat bau yang tidak sedap daripadanya (bau besi).”
Oleh itu sesiapa yang berusaha untuk memahami agama Islam hendaklah sentiasa berhubung dengan orang-orang yang perhubungannya sentiasa bersama ilmu. Mereka adalah orang-orang yang perhatiannya sentiasa kepada al-Qur’an dan al-Sunnah yang sahih,

No comments:

Translate