16 Nov 2012

ETIKA BERKOMUNIKASIH YAANG BAIK


A. Arti Definisi / Pengertian Etika ( Etik )

Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan.

B. Arti Definisi / Pengertian Etiket

Etiket adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan.

C. Etika Dan Etiket Yang Baik Dalam Komunikasi

Berikut di bawah ini adalah beberapa etika dan etiket dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari :
Etika Dan Etiket Yang Baik Dalam Komunikasi
* Jujur tidak berbohong
* Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
* Lapang dada dalam berkomunikasi
* Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
* Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
* Tidak mudah emosi / emosional
* Berinisiatif sebagai pembuka dialog
* Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
* Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
* Bertingkahlaku yang baik
* Ucapkan salam selamat malam, apa kabar, bagaimana keadaannya hari ini
* Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
* Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
* Berbicaralah yang jelas dimengerti baik dalam hal volume suara atau kejelasan kata uyang terucap, jangan terburu buru dalam berkomunikasi
* Menatap mata lawan bicara dengan lembut
* Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
* Gunakan gerakan tubuh yang sopan dan wajar
* Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
* Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
* Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
* Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
* Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara.
* Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik.
* Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti berjabat tangan, merunduk, hormat, ces, cium pipi kanan cium pipi kiri
* Jangan sering memotong pembicaraan orang lain.
* Jangan mendominasi pembicaraan gunakan komunikasi 2 arah yang seimbang kecuali dalam keadaan tertentu.
* Bila mengakhiri percakapan ucapkan salam selamat pagi, sampai ketemu lagi, sukses selalu, salam untuk keluarga di rumah dan lain sebagainya.

D. Contoh Teknik Komunikasi Yang Baik
- Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
- Gunakan bahawa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
- Menatap mata lawan bicara dengan lembut
- Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
- Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
- Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
- Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
- Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
- Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
- Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara.
- Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik.
- Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti berjabat tangan, merunduk, hormat, ces, cipika cipiki (cium pipi kanan - cium pipi kiri)
- Dan lain sebagainya.

No comments:

Translate