24 Sept 2012


25 nama nabi dan rasul allah yang wajib di imani dalam islam

Salah satu rukun iman adalah mengimani datangnya nabi atau rasul. Serta mengimani apa yang diturunkan pada mereka semuanya (yang telah disempurnakan pada Nabi akhiruzaman Muhammad SAW).


Dengan izin Tuhan Yang Maha Berkehendak, kali ini saya akan menuliskan Nabi/ Rasul yang wajib diimani (berjumlah 25 orang). Penulisan “hanya” 25 orang ini karena memang sesuai syar`i segitulah jumlah yang wajib diimani. Walaupun ada yang mengatakan sejak Adam as sampai Muhammad saw, Allah telah menciptakan sekitar 120.000 Nabi/ Rasul. Dan walaupun Jibril juga merupakan rasul utusan Tuhan, dia tidak dimasukkan dalam 25 laki-laki yang mempunyai sifat Shidiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah ini.

Yang wajib diimani oleh umat Muslim ada 25 orang Nabi, yang mereka di antaranya juga Rasul.1. Adam
2. Idris
3. Nuh
4. Hud
5. Shalih
6. Ibrahim
7. Luth
8. Ismail
9. Ishaq
10. Ya'kub
11. Yusuf
12. Ayyub
13. Syu'aib
14. Musa
15. Harun
16. Zulkifli
17. Daud
18. Sulaiman
19. Ilyas
20. Ilyasa
21. Yusuf
22. Zakaria
23. Yahya
24. Isa
25. Muhammad SAW -- penutup, akhir.

Inilah yang wajib dikenal dan diimani. Selain itu dalam perjalanan sejarah dimungkinkan ada nabi-nabi lainnya selain ke-25 nabi di atas. Namun demikian, Muhammad SAW tetap sebagai nabi penutup, terakhir, dan tidak ada nabi/rasul yang diutus pasca beliau. Adapun nama-nama nabi selain 25 nabi/rasul di atas, bisa saja dibuat dalam berbagai macam versi menurut sejarah otentik. Namun, hanya 25 orang saja yang wajib diimani, dan disebutkan di dalam Al Qur'an.

Di dalam Al Qur'an, juga disebutkan beberapa identitas lainnya, namun tidak ada dasar/ petunjuk sehingga mereka dapat dikatakan sebagai nabi. Begitu pula sekalipun Al Qur'an menyebutkan istilah "nabi-nabi" atau "para nabi", namun tidak disebutkan jelas identitas orang yang dimaksud.

Misalnya di dalam
 surat Al-Kahfi, orang itu hanya disebutkan sebagai hamba yang shalih tanpa disebutkan identitasnya atau namanya. Para mufassir mengatakan bahwa hamba yang shalih itu adalah nabi Khidhr 'alaihissalam. Adapun Khidr AS tidak termasuk dalam 25 nabi dan rasul yang wajib diimani oleh kaum muslim.

Begitu juga nabi untuk Bani Israil yang menyebutkan bahwa mereka akan dipimpin oleh seorang raja baru yang namanya Thalut. Nabi itu diceritakan dalam Al-Quran Al-Karim tapi tidak disebutkan namanya.

Dan rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu....(QS. An-Nisa: 164).

Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada yang tidak Kami ceritakan kepadamu..(QS. Al-Mu'min: 78).

No comments:

Translate